Wamenhan RI Resmi Buka Pendidikan Program Vokasi Diploma III (D-3), Sarjana (S-1), Magister (S-2) dan Doktoral (S-3) 2023

Bogor – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia M. Herindra yang didampingi Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza., Ph.D., resmi membuka Pendidikan Program Vokasi Diploma IlI (D-3), Sarjana (S-1), Magister (S-2), Doktoral (S-3) Unhan RI TA.2023.

Pembukaan pendidikan melalui Upacara resmi yang dilaksanakan di Kampus Unhan RI, Kawasan IPSC, Sentul Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/8), ditandai dengan penyematan pin kepada perwakilan Kadet Mahasiswa S-1, Mahasiswa S-2, Mahasiswa S-3, serta Mahasiswa Asing. Pada Upacara ini Kadet
Mahasiswa D-3 sejumlah 175 Kadet Mahasiswa, Kadet Mahasiswa S-1 sejumlah 301 Kadet Mahasiswa, Mahasiswa S-2 sejumlah 271 mahasiswa termasuk 5 Mahasiswa Asing dan Mahasiswa S3 sejumlah 21 Mahasiswa resmi menjadi Kadet Mahasiswa dan Mahasiswa Unhan RI.

Menhan RI dalam amanat yang dibacakan oleh Wamenhan RI menyampaikan bahwa Kemhan selalu menganalisis dinamika lingkungan strategis global dan nasional, termasuk posisi strategis, sumber daya alam, dan potensi konflik, untuk menjaga kedaulatan dan keselamatan Indonesia. UNHAN RI memiliki peran strategis dalam membentuk kader-kader yang siap menghadapi tantangan global dan menjaga keamanan negara. Investasi dalam pendidikan ditekankan sebagai kewajiban untuk kemajuan, termasuk dalam bidang pertahanan. Pendidikan di UNHAN RI, dari D-3, S-1, S-2 dan S-3, mencerminkan komitmen untuk menghasilkan pemimpin dengan pemahaman mendalam tentang pertahanan. Kurikulum Merdeka Belajar — Kampus Merdeka diterapkan untuk meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa dan relevansinya dengan dunia nyata melalui perluasan pembelajaran dan interaksi.

Menhan RI juga menekankan kepada Rektor, para Guru Besar, Dosen, Pembina/Pelatih dan segenap Civitas Akademika agar dapat memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan iklim, kultur dan atmosfer akademik yang nyaman bagii mahasiswa UNHAN RI. Tumbuhkan kebiasaan mereka untuk berpikir kritis serta merespon isu-isu pertahanan dan keamanan negara. Tujuannya adalah agar mereka mampu menghasilkan analisa-analisa yang tajam terkait hal-hal tersebut.

Kepada seluruh mahasiswa UNHAN RI, saya juga berharap, agar saudara-saudara dapat menggunakan kesempatan ini untuk belajar dan berlatih dengan baik. Tingkatkan dan kuasai kompetensi inti sesuai program studi yang ditekuni. Bangun, ciptakan dan terapkan mental kejuangan, kedisiplinan, loyalitas, komitmen yang tinggi, jiwa nasionalisme dan semangat bela negara serta jiwa korsa.

Upacara Pembukaan Pendidikan juga dimeriahkan dengan penampilan Orkestra dan paduan suara Symphoni Praditya Wiratama serta Drumband Canka Praditya Wiratama. (hms Unhan RI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *