Upaya Atasi Kebutuhan Air Untuk Pertanian, Kodim 0801/Pacitan Serahkan Mesin Pompa Air Brigade

Pacitan – Kodim 0801/Pacitan menyerahkan Alsintan berupa mesin pompa air Brigade bantuan dari Kementrian Pertanian RI kepada masing-masing perwakilan Babinsa jajaran Dan Pok Tani, berlangsung di Aula Kopral Sigit Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Kamis (06/06/2024).

Tampak hadir pada momen itu diantaranya, Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh. Imam Musahirul S.H., M.I.P, Kepala Bidang dari Dinas Pertanian Bpk Susilo, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0801/Pacitan, Babinsa dan perwakilan Kelompok Tani.

Kegiatan tersebut diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan mesin pompa air Brigade bantuan dari Kementrian Pertanian, oleh Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P., kepada Danramil jajaran, sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Dalam sambutannya, Dandim 0801/Pacitan menyampaikan, bahwa bantuan Alsintan berupa pompa air ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan lumbung ketahanan pangan yang ada di Indonesia.

“Sedikitnya ada sebanyak 30 buah mesin pompa air kita serahkan ke Koramil masing-masing jajaran. Nantinya ini akan direalisasikan kembali kepada kelompok tani sebagai sarana mendukung ketersediaannya air untuk lahan pertanian”, ujarnya di hadapan kelompok tani.

Melalui penyerahan Alsintan mesin pompa air, diharapkan para petani tidak lagi mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air untuk lahan pertaniannya, serta dapat terus mengolah lahan pertanian sepanjang tahun tanpa menunggu datangnya musim penghujan.

“Semoga langkah pemerintah ini dapat berhasil, dan kedepannya kebutuhan pangan di Indonesia semakin tercukupi tanpa harus mengimpor dari luar negri. Rawat dan jaga dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara berkelanjutan”, jelasnya.

Sementara itu, Eko Winarno salah satu kelompok tani dari Desa Kasihan, Kec. Tegalombo mengucapkan terima kasih atas bantuan mesin pompa air tersebut, dan berharap dapat dimanfaatkan untuk memenuhi ketersediaan air, sehingga meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Mesin pompa air ini sangat membantu sekali, terlebih saat ini juga memasuki musim kemarau. Kami juga berharap kepada pemerintah, agar kedepannya dapat mengatasi semua kesulitan para petani di wilayah, sehingga dapat meningkatkan hasil panen yang optimal”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *