Unhan Laksanakan Benchmark & Educational Cooperation Program ke National Defence University (NDU) Amerika Serikat

trisulanews.com –¬† Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan Benchmark & Educational Cooperation Program ke National Defence University (NDU) Amerika Serikat yang¬†dipimpin Ketua Delegasi Universitas Pertahanan (Unhan) Dekan FKN Unhan Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri M.MT., dan anggota delegasi lainnya antara lain Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unhan Laksda TNI Drs. Ir. Suyono Thamrin, M.Eng.Sc, Karo Aka Brigadir Jenderal TNI Inf Agus Winarna, S.I.P.,M.Si.,M.Tr (Han) serta Mayor Tek Novky Asmoro, S.T., M.Si (Han), serta didampingi Atase Laut Rl di Washington DC, Kol Mar Irdyansyah, (14-17 November 2018).

Sebelum melaksanakan kunjungan ke National Defence University (NDU) Amerika Serikat, delegasi Unhan terlebih dahulu melaksanakan kunjungan ke Kedubes AS di Washington DC.

Kedatangan para delegasi Unhan disambut dengan baik oleh Dubes AS H.E. Budi Bowoleksono. Dubes AS mengapresiasi keberadaan lembaga pendidikan Unhan dan bersedia membantu untuk mengembangkan Unhan khususnya dalam bidang pendidikan, hal ini karena diaspora akademik Indonesia di USA ada 84 profesor yang profesional dibidangnya, hal ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu yang ada dalam program studi di Unhan.

Kegiatan selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan kunjungan ke National Defence University (NDU) Amerika Serikat, dan diterima secara langsung oleh diterima Senior Vice President NDU Dr. Arnold Chacon, Dekan Naval war college Cynthia A. Watson, Ph.D, dan direktur program studi Dr. Zachary Abuza beserta staf.

Ketua delegasi Unhan menyampaikan salam hangat Rektor Unhan kepada Rektor dan seluruh sivitas akademika NDU, dan dilanjutkan dengan perkenalan secara perorangan dari kedua institusi. Dalam kegiatan benchmark dan penjajakan kerjasama pendidikan diisi juga dengan saling memaparkan program pendidikan masing-masing Institusi dan diskusi oleh Delegasi Unhan dan NDU di ruang Mc Noir. Materi diskusi meliputi berbagai bidang Diantaranya pertukaran visiting profesor, Akreditasi Internasional, dan Sistem Penjaminan Mutu dlm rangka Unhan menuju World Class Defense University di thn 2024

Di akhir Diskusi Unhan dan NDU sepakat melaksanakan kerja sama pendidikan berpedoman pada Tridharma Perguruan Tinggi meliputi bidang pendidikan, antara lain NDU bersedia melaksanakan visiting professor. Dalam bidang kerja sama akan diadakan seminar lnternasional dimana pada tahun 2020 NDU merencanakan dan memfasilitasi seminar Internasional dengan materi isu security di kawasan Asia Pasifik.
Kedua pihak sepakat untuk menindaklanjuti dan saling berkomunikasi dan berkoordinasi secara berkelanjutan antara Staf Kerma Biro AK Unhan dan Staff International Student Management Office NDU, sedangkan tindaklanjut terkait MoU akan dibicarakan kemudian dengan diawali kegiatan nyata terlebih dahulu seperti visiting professor atau kegiatan lainnya. (AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *