Unhan Gelar Seminar Nasional tentang Teknologi Kebencanaan

Bogor, (trisulanews.com) –  Fakultas Keamanan Nasional Unhan menggelar seminar Nasional, dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Kebencanaan untuk Pengurangan Resiko Bencana Guna Mewujudkan Indonesia Tangguh Bencana”. 

Seminar yang digelar di Auditorium Unhan Kawasan IPSC Sentul – Bogor. Sabtu, (18/11), dibuka langsung Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil serta Keynote Speech disampaikan oleh (Guru Besar Prodi MB-FKN Unhan) Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si, menghadirkan 3 narasumber yaitu Kapusdatin BNPB Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.SI., APU, topik “Pemanfaatan Iptek untuk Penanggulangan Bencana”,  selanjutnya Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng “Teknologi Sistem Peringatan Dini Kebencanaan”, dan Waasops Kasau Marsma TNI Anang Nurhadi, S.E dengan topik “Teknologi Matra Udara Dalam Penanggulangan Bencana Kekeringan Dan Kebakaran Hutan”.

Dalam hal ini Rektor Unhan mengatakan, bencana merupakan ancaman bagi kemanusiaan yang secara langsung dapat menggoyahkan dan menurunkan tingkat ketahanan wilayah. Untuk itulah Rektor pun berharap agar seminar teknologi kebencanaan ini hendaknya terus dilakukan untuk menambah wawasan berfikir, bersikap, dan bertindak dalam menciptakan National Resilience atau ketahanan nasional yang mampu menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan, gangguan yang selalu datang silih berganti, mari kita bersama wujudkan “Indonesia tangguh bencana”, tutur Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil.

Seminar kali ini merupakan upaya mengupas teknologi kebencanaan agar mampu memberi informasi secara akurat, memberi penguatan secara cepat dan tepat kepada masyarakat yang terpapar bencana. Dengan demikian teknologi dapat mengurangi resiko dampak kerugian.

Selain mahasiswa, seminar juga dihadiri pejabat Eselon I, II dan III Unhan, Kapusdiklat BNPB, Pimpinan Mako Tagana Training Center, sentul Bogor,  Bupati kab. Bogor, Kepala BPBD provinsi DKI Jakarta, Kepala BPBD Kabupaten dan Kota Bogor, Kepala BPBD Sulawesi Barat, Kepala BPBD Kabupaten Ende, Kepala BPBD provinsi  Bali, Kepala BPBD  Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala dinas sosial Kab/Kota Bogor, Camat Citeureup Bogor. (Clr/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *