TNI AL Ujicoba Penembakan Senjata Strategis Rudal C-705

(trisulanews.com) – Laut Bali menjadi saksi kemampuan daya gempur TNI AL saat dua KRI Koarmabar sukses menghancurkan kapal musuh melalui uji coba penembakan Rudal C-705. 

Disaksikan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., didampingi Asops Kasal, Aslog Kasal, Pangarmabar,  Pangarmatim serta Pangkolinlamil diatas geladak KRI Teluk Bintuni-520, KRI Kujang-642 Satuan Kapal Cepat Koarmabar (Satkat Koarmabar)  berhasil meluncurkan Rudal C-705 serta mengenai target dengan sasaran Ex KRI Karimata-960.

Aksi tempur dalam rangka rangkaian Uji Coba Penembakan Rudal C-705 oleh 2 KRI Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmabar, KRI Kujang-642 dan KRI Clurit-641 itu, dilanjutkan dengan Penembakan Torpedo SUT Kepala Perang oleh KRI Nanggala-402 di Laut Bali, Jumat (17/11).

Ketiga KRI tersebut tergabung dalam Satuan Tugas Uji Coba Penembakan Rudal C-705 dan Torpedo SUT dimana sebagai Dansatgas Penembakan adalah Kolonel Laut (P)  I G.P. Alit Jaya, S.H., M. Si., yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmabar.

Kasal dalam hal ini menyampaikan rasa bangga kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas atas keberhasilannya melaksanakan Ujicoba tersebut.

“Selamat atas keberhasilan penembakan Rudal C705 dan Torpedo SUT,  agar tampilan dan kemampuan yang ditunjukkan hari ini menjadi momentum untuk peningkatan performa kemampuan tempur prajurit TNI Angkatan Laut. Selamat untuk seluruh Prajurit yang tergabung dalam Satgas”, ujar Kasal

Rudal C-705  merupakan senjata strategis yang saat ini dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, dimana Rudal C-705 tersebut telah terpasang di dua KRI type KCR-40 Satkat Koarmabar yaitu KRI CLT-641 dan KRI KJG-642. Kedua kapal ini memiliki kemampuan Peperangan Anti Kapal Permukaan dan Peperangan Anti udara terbatas. Sehingga pemasangan rudal beserta platformnya di kedua kapal tersebut sangatlah tepat,  karena Rudal C-705 memiliki kemampuan menghancurkan sasaran kapal permukaan.

Uji coba turut dihadiri Pejabat TNI Angkatan Laut lainnya diantaranya, Kadislaikmatal, Kadisadal,  Kadissenlekal,  Irops Itjenal,  Danguspurlatim serta Danpuspenerbal. (Pen/ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *