Tingkatkan Luas Tambah Tanam, Serda Parman Dampingi Petani Menanam Padi

Tulungagung – Babinsa Desa Karangsari Serda Parman anggota dari Koramil 0807/06 Rejotangan Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian menanam padi di lahan sawah milik Hariyanto anggota Poktan Gayuh Mulyo warga Dusun Soko Desa Karangsari Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (14/01/2020).

Kegiatan tanam padi kali ini selaras dengan mudahnya ketersediaan air dalam mengairi sawah karena dalam musim penghujan. Hal ini sangat cocok untuk bercocok tanam khususnya menanam padi.

Serda Parman terlihat menanam padi bersama para petani anggota Poktan Gayuh Mulyo. Metode dalam penanaman benih padi menggunakan sistem tanam jajar legowo yang dipercaya dapat meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

Kegiatan pendampingan ini merupakan upaya khusus yang dilakukan Babinsa dalam mendorong para petani untuk lebih semangat dalam menyukseskan program luas tambah tanam khususnya di wilayah Kecamatan Rejotangan demi tercapainya hasil yang optimal.

Menurut Serda Parman, dirinya hadir membantu petani dalam pendampingan pertanian seperti membantu sejak mulai pembibitan, penanaman, perawatan hingga panen. Dalam pendampingan kepada petani, TNI bersinergi dengan PPL yang juga memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik serta memberikan penjelasan pasca panen.

“Dalam pendampingan kami bersinergi dengan PPL agar hasil panen maksimal.” tutup Serda Parman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *