Tingkatkan Hidup Bersih, Danramil 0801/05 Nawangan Bersama Dinas Terkait Berantas Leptospirosis

Pacitan – Saat ini Bertempat di Desa Mujing Kec. Nawangan Kab. Pacitan telah dilaksanakan kegiatan rapat Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Masyarakat dan Pemasangan Trap Tikus serta Pemberian Kaporit di sumber air oleh BTKLPP (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Surabaya dan Dinas Kesehatan Kab Pacitan, guna memberantas penyebaran penyakit Leptospirosis Tahun 2023, jumat (10/03/2023).

Kegiatan rapat sosialisasi tersebut merupakan bentuk upaya Pemerintah Daerah Kab. Pacitan melalui Dinas Kesehatan berkerjasama dengan berbagai pihak, untuk memberdayakan perilaku hidup bersih kepada masyarakat, guna mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit Leptospirosis.

Kemudian, sebagai upaya untuk mengurangi, dan mencegah pertumbuhan populasi tikus, dilakukan penyemprotan dan pemasangan trap di tempat-tempat yang menjadi sarang tikus, agar tidak mudah berkembang biak secara meluas. Selain itu, pemberian kaporit pada sumber air bersih juga dilakukan, agar aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Penyemprotan dan pemasangan trap tikus dilakukan secara serentak di 4 Dusun Desa Mujing diantaranya, Dusun Saren, Pakel, Ploso, dan Ngumper, yang disinyalir terdapat sarang tikus penyebab penyakit Leptospirosis.

Dalam sambutan pada rapat tersebut, Bpk. Sukarwan S.sos Camat Nawangan, mengatakan kepada semua perangkat Desa Mujing, agar mensosialisasikan kepada semua warganya untuk menerapkan perilaku hidup bersih, guna mencegah penyebaran penyakit Leptospirosis.

“Adanya informasi yang beredar bahwa penyebaran penyakit Leptospirosis di Kec Nawangan melumpuhkan perkonomian masyarakat, itu tidak benar adanya. Saat ini situasi dan kondisi Kec.Nawangan masih normal, berjalan baik-baik saja. Mari kita bersama peduli terhadap kebersihan lingkungan, agar terhindar penyakit Leptospirosis”, kata Camat kepada awak media.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Letda Arh Gino Komandan Koramil 0801/05 Nawangan, bahwa kegiatan rapat tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya dengan menerapkan perilaku hidup bersih, guna mencegah penyebaran penyakit Leptospirosis.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk bekerja keras di lapangan melakukan upaya pencegahan terkait penyebaran penyakit Leptospirosis. Mari kita tingkatkan kesadaran untuk tetap berperilaku hidup bersih, serta konsultasikan dengan dokter, apabila mengalami gejala Leptospirosis guna mendapat penanganan lebih intensif”, tandas Danramil kepada awak media.

Turut hadir dalam kegiatan rapat tersebut diantaranya, Bpk. Sukarwan S.sos (Camat Nawangan), Letd Arh Gino (Danramil 0801/ 05 Nawangan), Iptu Haming (Kapolsek Nawangan), Bpk Joko K, ST.M.Kes (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit/BTKLPP Surabaya), Drg. Nur Farida (Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Kab.Pacitan), Bpk Sutarno (Kepala Desa Mujing), Dr Dwi. Hepy (Kepala UPT Puskesmas Nawangan), Bpk Supeno (Kepala UPT pertanian Nawangan), Bpk Ahmad (PKH Kec Nawangan), Bpk Efendi Susanto (Kasitranstib Kec Nawangan), Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan, Babinkamtibmas Polsek Nawangan serta Relawan Desa Mujing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *