Serda Miswan Setiawan Dampingi Petani Desa Ngepoh Memanen Jagung

TULUNGAGUNG – Babinsa DEsa Ngepoh Serda Miswan Setiawan anggota Koramil 0807/18 Tanggunggunung Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian memanen jagung di lahan bapak Karyono warga Dusun Ngepoh Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (24/02/2019).

Jagung merupakan tanaman pangan yang mengandung karbohidrat selain padi. Selain itu, jagung juga merupakan salah satu tanaman pangan yang ditargetkan dalam program ketahanan pangan. Hasil panen jagung yang di dapat lumayan bagus sehingga petani merasa puas.

Pendampingan panen jagung ini merupakan bagian dari tugas dan tanggungjawab Babinsa di wilayah binaan untuk memotivasi para petani agar terus bersemangat dalam bercocok tanam demi terciptanya swasembada pangan.

Pemetikan buah jagung yang dilakukan dengan memetik buahnya saja bertujuan untuk lebih mudah diangkut menggunakan keranjang ataupun karung. Setelah selesai buah jagung yang telah dikemas dalam karung, diangkut dengan menggunakan sepeda motor ke rumah.

Sesampainya di rumah, jagung yang masih berupa tongkolan langsung dijemur untuk mengantisipasi adanya biji yang belum kering. Petani lebih senang menjual jagung kering karena harganya yang lebih tinggi di pasaran. (pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *