Ranpur Yonranratfib 2 Marinir Uji Gerak Darat dan Uji Kedap Laik Tempur

Surabaya. Pastikan kesiapan tempur operasional kendaraan tempur (Ranpur), Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan verifikasi dan sertifikasi uji kelaikan Ranpur oleh Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Dislaikmatal), diantaranya Ranpur harus menjalani uji gerak darat dan uji kedap di Kolam uji kedap, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya, Selasa (13/12 /2022).

Pada rangkaian kegiatan survei berkala Ranpur Pasmar 2 salah satunya jenis Ranpur BTR 50 PK dalam menjalani uji kedap sebagai tahapan untuk memastikan body benar-benar kedap air dan tidak dapat kemasukan atau tidak dapat dilalui air sebagai syarat utama menuju tahap uji arung, sebelumnya Ranpur juga harus lolos terlebih dahulu dalam uji gerak di darat.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem senjata Armada terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Aloysius Yogandhi Nugroho, M.Tr.Opsla., menyampaikan, uji kedap Ranpur yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi terakhir kendaraan tempur yang sudah disiapkan guna tahap lanjutan pelaksanaan uji arung nantinya, sehingga dengan dilaksanakannya sertifikasi pada tahap uji kedap ini, diharapkan Ranpur dinyatakan memenuhi syarat melalui berbagai proses uji dan siap untuk dioperasionalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *