Puluhan Personil Grup 1 Kopassus Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Serang Banten Lama

Serang, 51 personil Grup 1 Kopassus dibawah pimpinan Kolonel Inf I Gede Putra Yasa evakuasi warga korban banjir yang terjadi di daerah Banten Lama, Serang.

Dalam evakuasi tersebut sejumlah warga terutama balita anak dan ibu ibu langsung diamankan dengan perahu karet menuju lokasi pengungsian di Benteng Speelwijk dengan menggunakan tenda terpal, Selasa (1/3/2022) malam.

Kapten Inf. Kadafi yang memimpin langsung evakuasi dilapangan mengatakan penyelamatan warga cukup menantang karena kencangnya arus air.

“Arus air cukup deras mencapai ketinggian sepaha orang dewasa cukup menyulitkan proses evakuasi warga masyarakat sekitar. Namun dengan perlengkapan yang ada warga dapat segera diselamatkan”.

Terkait dengan respon tanggap bencana terutama di wilayah satuan, Kadafi menyampaikan bahwa grup 1 akan selalu sigap membantu kondisi darurat yang terjadi berbagai wilayah.

“Grup 1 Kopassus akan selalu siap, sigap dan tanggap terhadap pekembangan kondisi lingkungan sekitar,” tegas Kapten Inf A. Khadafi.

Mendukung evakuasi warga, Grup 1 Kopassus melibatkan beberapa prasarana penunjang evakuasi diantaranya : peralatan pertolongan pertama yakni LCR dan Mesin Tempel : 4 unit, Dayung : 20 buah, Rompi Pelampung : 80 buah, Tali karmantel : 2 paket , Eight decender : 30 buah , Long Sling : 30 buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *