Prajurit Yonmarhanlan VII Ikuti Prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende

Ende, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VII Mayor Marinir Wira Dharma Sotaronggal L. SH., beserta prajurit mengikuti prosesi peringatan Hari Lahir pancasila di lapangan Pancasila Kota Ende Nusa Tenggara Timur. Rabu, (01/06/2022).

Dalam peringatan ini prajurit Yonmarhanlan VII melibatkan 2 peleton yang gabungan dalam Kompi pasukan TNI AL dengan danton pasukan Letda Mar Kristiyanto dan Letda Mar Darmin Tanete, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bapak Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang sehari hari menjabat sebagai Danbrigif 21/Komodo Kodam IX/ Udayana.

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila di kota Ende Nusa Tenggara Timur, yang merupakan kota bersejarah ini bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI, sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi Bangsa dan Negara.

Lebih lanjut dari kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua Pancasila juga telah menjadi bintang menuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan Negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi Negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.”tegasnya.

Usai pelaksanaan upacara, Komandan Batalyon Yonmarhanlan VII Kupang menyampaikan apresiasi kepada pasukan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai pasukan upacara sehingga prosesi Hari jadi Pancasila tgl 01 Juni 2022 dapat berjalan dengan hikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *