Pimpin Upacara HUT TNI ke-78, Dandim Tulungagung Ingatkan Netralitas Pemilu 2024

Tulungagung – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P memimpin secara langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 yang digelar di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Kamis (05/10/2023).

Dandim Tulungagung menyampaikan bahwa seluruh anggotanya harus selalu berkomitmen untuk menjaga netralitas TNI pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Menurutnya, komitmen menjaga netralitas TNI sudah diatur bahkan sudah diterbitkan imbauan untuk diimplementasikan hingga satuan paling bawah.

“Dalam menghadapi pesta Demokrasi, netralitas itu merupakan komitmen dari pimpinan TNI mulai atas sampai bawah,” ungkap Dandim Tulungagung.

Dia menegaskan, bagi anggota TNI yang tidak bersikap netral, bisa dipastikan akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia juga menambahkan, kegiatan upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Kabupaten Tulungagung berjalan dengan aman, lancar dan penuh khidmat.

Secara Nasional tema HUT TNI Tahun 2023 adalah “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut, lanjutnya, sejalan dengan program kegiatan dari Pemerintah yaitu pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Sehingga, TNI bersama Polri dan stakeholder terkait harus senantiasa siap sedia mengawal pesta demokrasi agar berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif.

“Sebagai komponen utama, TNI bersama Polri dan stakeholder terkait senantiasa siap mengawal demokrasi sesuai dengan amanat Panglima TNI,” ungkapnya.

Di lain pihak, Pj Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, STP., MT mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang memiliki loyalitas dan dedikasi selama ini, tidak hanya sekadar menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, namun juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Selamat HUT TNI ke-78 tahun 2023, semoga TNI makin jaya, TNI sebagai patriot yang siap membela Tanah Air sebagai bentuk kontribusinya dalam memajukan negera,” ungkap Pj Bupati Tulungagung usai melantunkan sebuah lagu di atas panggung prajurit disambut aplaus para prajurit.

“Maka dari itu, para prajurit TNI dituntut untuk selalu profesional dan mandiri serta harus peka dalam menjaga keamanan NKRI guna mewujudkan negara yang berdaulat dan maju,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *