Peringati HUT TNI Ke 76, Dandim 0803/Madiun Pimpinan Upacara Ziarah Nasional TMP

Madiun – Untuk memperingati HUT TNI Ke 76, jajaran TNI di wilayah Madiun melaksanakan upacara ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Madiun. Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim 0803/Madiun, Letkol Inf Edwin Charles, Senin (4/10/2021).

Proses ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Dandim 0803/Madiun dan diakhiri dengan tabur bunga.

Menurut Dandim, kegiatan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan kali ini dalam rangka menyusun Hari Juang Kartika Ke-76 Tahun 2021. Pelaksanaan tabur bunga ini memiliki makna mengenang perjuangan para Pahlawan demi perlindungan NKRI, yang mendalam bagi setiap insan Prajurit TNI.

“Kita sebagai Generasi Penerus Bangsa, harus terus menjaga Nilai Kejuangan yang telah dibangun oleh para pendahulu kita dan sudah sepantasnya kita menghargai dan menghormati Jasa-Jasa Para Pahlawan serta mendukung Cita-Cita Perjuangan Bangsa,” tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan ini tak hanya semata-mata untuk memberikan penghormatan dan menabur bunga di makam para pahlawan kusuma bangsa. Akan tetapi diharapkan menjadi bahan renungan bagi generasi penerus akan datang.

“Tentang arti Patriotisme hingga semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan. Kemudian bisa sebagai motivasi dalam melanjutkan perjuangan, sehingga seluruh prajurit TNI dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” terangnya.

Diungkapkan Dandim, sejak bulan lalu berbagai rangkaian dalam menyambut HUT TNI telah dilakukan. Antara lain baksos pemberian sembako, karya bhakti dan donor darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *