Peran Yonranratfib 2 Marinir Cetak Danran Handal

Surabaya. Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) dalam mendukung kegiatan Prodik Siswa Diktukba Kavaleri Angkatan LIV, mengerahkan Senjata Mesin Sedang (SMS) FN Mag 58 jenis GPMG kaliber 7,62 MM dan PKT kaliber 7,62 MM pada Latihan praktek (Lattek) teknik operasional Senjata Mesin Sedang di kelas lapangan, Kesatrian Marinir Soepraptono, Ujung, Surabaya. Senin (2/10/2022).

Pada kegiatan Lattek dengan Instruktur Serma Marinir Agus Santoso dan Koptu Marinir Ahmad Fauzi memberikan beberapa materi diantaranya pengenalan karakteristik senjata, fungsi dan penggunaan, bongkar pasang hingga perawatan senjata serta gambaran peranan para siswa yang nantinya akan menjadi Komandan Kendaraan (Danran) pada orgas kru Ranpur.

Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Aloysius Yogandhi Nugroho, M.Tr.Opsla. menyampaikan, sesuai dengan Tupoksi sebagai kru Ranpur, meskipun nantinya para siswa apabila kembali ke kesatuan bukan menjadi penembak melainkan sebagai Danran, maka sudah menjadi keharusan bagi Danran akan tetap dituntut kemampuannya dalam menguasai semua teknik yang berhubungan dengan operasional maupun manuver Ranpur pada saat melaksanakan serbuan.

Lebih lanjut tambahkan, salah satunya pemberian aba-aba penembakan di Ranpur, “Maka dari itu menjadikan hal penting bagi para siswa dalam menyerap dan menguasai teknik maupun operasional senjata yang sudah diberikan oleh pemberi materi,” pesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *