Penuhi Kebutuhan Air Lahan Sawah, Koramil 0801/02 Kebonagung Optimalkan Program Pipanisasi

Pacitan – Menjaga ketersediaan air merupakan hal yang krusial bagi keberlanjutan sektor pertanian, khususnya untuk lahan sawah. Air memiliki peranan penting dalam berbagai tahap budidaya padi, mulai dari pembibitan, pengolahan tanah, pengairan, hingga panen.

Mengalami kekurangan air dapat berakibat fatal bagi hasil panen, bahkan lebih parah lagi menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, program pipanisasi menjadi salah satu solusi yang dapat diandalkan untuk mengatasi keterbatasan air di lahan sawah.

Melalui program ini diharapkan dapat membantu para petani dalam mengakses air untuk mengairi sawahnya, sehingga mereka dapat mengoptimalkan budidaya padi, serta memperoleh hasil panen yang berkualitas dan maksimal.

Pada kesempatan ini, Koramil 0801/02 Kebonagung, Kodim 0801/Pacitan membantu kelompok tani dalam memenuhi kebutuhan air untuk lahan sawah yang ada di Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan dengan mengoptimalkan program pipanisasi, Minggu (26/05/2024).

Dikatakan Danramil 0801/02 Kebonagung Letda Cpl Indra Masruhin, bahwa akses air yang memadai memungkinkan petani untuk menerapkan sistem irigasi yang lebih efisien dan efektif. Hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas padi dan meminimalisir risiko gagal panen.

“Kami berharap dengan adanya program pipanisasi ini dapat memberi keuntungan bagi petani. Disamping menghemat biaya, penggunaan air irigasi yang efisien dapat membantu menjaga kelestarian sumber daya air dan mencegah pencemaran lingkungan”, jelasnya saat di temui secara terpisah.

Lebih dari itu, dengan meningkatnya produktifitas pertanian dapat menunjang program ketahanan pangan nasional serta mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

“Dengan dukungan dan upaya bersama dari berbagai pihak, tentunya optimalisasi program pipanisasi dapat menjadi kunci untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *