Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kodim 0801/Pacitan Berikan Wawasan Kebangsaan

Pacitan – Kali ini, sebagai wujud menciptakan generasi masa depan bangsa yang cinta tanah air. Kodim 0801/Pacitan kembali melaksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan.

Seperti yang dilakukan Sertu Maret anggota Kodim 0801/Pacitan saat ini memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa dan siswi SMP N 3 Arjosari di lapangan makodim 0801/Pacitan,Jln. Letjen R. Suprapto No. 42, Barean, Sidoharjo,Kec. Pacitan, Kota Pacitan, Selasa (16/11/2023).

Saat dikonfirmasi awak media Sertu Maret menyampaikan bahwa melalui pembinaan kegiatan Wawasan Kebangsaan dengan tema “Kebhinekaan Global”, siap membina dan membentuk siswa siswi yang berkarakter dan berwawasan Kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhenika Tunggal Ika dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repuplik Indonesia.

“Semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat Kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air”, Ungkap Sertu Maret

Lebih lanjut dikatakan Sertu Meret guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi yang memajuan bangsa dan negara, tak henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan Wawasan Kebangsaaan dan Bela Negara.

“Pemberian materi Wawasan Kebangsaan di sekolah-sekolah adalah sangat penting sekali dengan tujuan agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, persatuan dan kesatuan serta siap menerima tahta kepemimpinan di masa yang akan datang”, Ujarnya.

Pihak sekolah dari SMP 3 Arjoasri ibu rina selaku guru pembimbing, mengapresiasi kegiatan dari Kodim 0801/Pacitan, “Dengan harapan kegiatan ini, semoga para generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan wawasan kebangsaan dilanjutkan dengan kegiatan outbound singkat yang dipandu oleh anggota kodim 0801/Pacitan Pelda muklis dan beberapa guru pendamping, diikuti dengan gembira oleh seluruh siswa siswi SMP N 3 Arjosari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *