Pengamanan Natura 2023, Ini Pesan Dandim 0801/Pacitan

Pacitan – Personil gabungan antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya terus optimalkan pengamanan tersebar di beberapa titik Pos Pam melalui Operasi Lilin Semeru dalam rangka perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Jumat (22/12/2023).

Kegiatan pengamanan dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru serta mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi khususnya di wilayah hukum Kab. Pacitan.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto mengatakan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, momentum Nataru arus mobilitas masyarakat mengalami peningkatan, karena juga bertepatan dengan libur anak sekolah.

“Sejumlah personel dilibatkan dengan penempatan di 4 pos pam, 1 pos pelayanan, dan 7 pos pantau, yang tersebar di titik-titik strategis seperti Alun-alun, Terminal, Punung, Arjosari, Soge, Teleng Ria, Goa Gong, Klayar, Watu Karung, Banyu Anget, Tegalombo, dan Pidakan”, ujarnya secara terpisah.

Selain itu, dijelaskan perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Sehingga ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. 

“Untuk itu, kita tekankan pengamanan tetap mengedepankan deteksi dini dan preventif strike untuk mencegah pelaku teror maupun upaya-upaya sabotase yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga berpotensi mengganggu stabilitas kamtibmas”, tambahnya.

Disamping itu, saat libur Nataru nanti ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas serta melengkapi surat-surat kendaraan.

“Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan dalam berkendara. Lakukan pengecekan secara berkala terhadap kendaraan sebelum bepergian dan pastikan dalam keadaan aman demi menjaga kamtibmas tetap kondusif”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *