Penanaman Pohon, Salah Satu Program Unggulan Kasad pada TMMD ke 121 Selur

Ponorogo,-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0802/Ponorogo di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo ada dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik, Jumat (16/08/2024).

Sasaran fisik yang dikerjakan pada TMMD ke 121 Selur diantaranya yaitu : pembangunan talud, pelebaran jalan, pembangunan rabat jalan yang semuanya ada 21 titik sasaran termasuk didalamnya program unggulan Kasad (pembangunan RTLH, Sumur Bor di tiga titik, dan penanaman pohon).

Untuk pembangunan RTLH bertempat di lokasi TMMD ke 121 Selur di rumah milik Bapak Pujiono yang saai ini sudah mencapai target 96 % dan pembuatan sumur bor di tiga titik ( Desa Duri Kecamatan Slahung sudah mencapai 92 %, Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon 92 % dan Desa Krebet Kecamatan Jambon 95 %).

Sedang untuk penanaman bibit pohon itu sendiri kemarin baru dilaksanakan oleh Satgas TMMD ke 121 Selur bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Jawa Timur dan Dinas Kehutanan Pacitan Wilayah Kerja Kabupaten Ponorogo.

Aksi tanam pohon program unggulan Kasad yang bertempat di bawah kaki Watu Semaur Desa Selur tersebut di ikuti oleh Dansatgas TMMD ke 121 Selur Letkol Inf Dwi Soerjono (Dandim 0802/Ponorogo), Antonius Johan P., S.Hut. MPA dari BPSKL Wil. Jawa dan Sabar Budiono, S.Hut. kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat CDK Wilayah Pacitan Dishut Jatim.

Terkait tanam pohon bersama tersebut Dansatgas TMD ke 121 Selur menyampaikan bahwa disamping merupakan program TMMD yang harus disukseskan, aksi tersebut merupakan langkah nyata dalam pelestarian lingkungan. “ Aksi tanam pohon ini adalah salah satu program unggulan TNI AD yang wajib kita sukseskan bersama, “ kata Dansatgas TMMD ke 121 Selur.

“ Ini juga salah satu wujud kami dalam upaya terus menyatu dengan alam sehingga alam senantiasa hijau, lestari dan memberikan manfaat banya bagi kehidupan kita, “ terang Letkol Inf Dwi Soerjono.

Adapun jenis anakan pohon yang ditanam di sekitar kaki Watu Semaur Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo diantaranya yaitu : bibit Pete, Durian dan bibit pohon Jambu dengan jumlah total yaitu 100 bibit pohon.(MdC0802)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *