Pelihara Kamtibmas, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Ajak Satlinmas Aktifkan Siskamling

Pacitan – Upaya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat sangat penting dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita, melalui aparat keamanan yaitu TNI dan Polri, namun sebagai masyarakat juga memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing.

Kendati demikian, perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan, serta mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya tindak kejahatan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat agar tetap aman dan kondusif, Serda Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung mengajak anggota satlinmas dan masyarakat Dusun Jurugan, Desa Karanganyar, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, untuk memberdayakan siskamling, Selasa (23/05/2023).

Dalam keterangannya saat berada di lokasi, Serda Sugeng Babinsa 0801/02 Kebonagung menyampaikan, bahwa dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, tidak harus mengandalkan aparat keamanan saja, namun peran satlinmas dan kesadaran masyarakat di wilayah juga harus lebih dioptimalkan, salah satunya melalui siskamling.

“Melalui kegiatan siskamling secara rutin, diharapkan dapat menangkal berbagai tindak kejahatan maupun kriminalitas di lingkungan masyarakat. Kemudian kehadiran satlinmas dapat memberi dampak positif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat”, kata Babinsa saat dikonfirmasi awak media.

Lebih dari itu, dirinya juga mengingatkan kepada anggota satlinmas dan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada di lingkungan dengan upaya mediasi ataupun berpegang teguh pada azaz musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Apabila ada permasalahan, agar jangan gegabah dalam bertindak. Lakukan koordinasi dengan pihak terkait, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah preventif, agar diperoleh titik temu penyelesaian, dengan tidak merugikans salah satu pihak”, tegas Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *