Peduli Lingkungan, Yonbekpal 2 Marinir Bersih Bersih Desa Tambak Cemandi Sidoarjo

Sidoarjo, Dalam rangka Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) TA 2020, Komandan Batalyon Perbekalan dan Peralatan 2 Marinir (Yonbekpal 2 Mar) Letkol Marinir Ari Eko Daryanto, M.Tr.Hanla memimpin langsung prajurit jajarannya untuk melaksanakan bersih-bersih lingkungan yang selama ini menjadi penyebab banjir di desa Tambak Cemandi, Sedati, Sidoarjo. Sabtu (07/03/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh keakraban dan kegembiraan antara prajurit Yonbekpal 2 Mar bersama masyarakat berupa pembersihan jalan desa dilanjutkan pembersihan sampah, lumpur dan pemotongan rumput serta menyingkirkan batang pohon tumbang yang menghalangi aliran saluran irigasi dimulai dari jembatan Banjar Kemuning sampai dengan desa Tambak Cemandi. Adapun teknik yang digunakan hanya mengandalkan peralatan sederhana seperti sabit, cangkul dan tali tampar untuk menarik keluar sampah yang berserakan dari saluran irigasi kemudian dinaikkan ke truk untuk selanjutnya dibuang ke TPA.

Sementara itu, Komandan Yonbekpal 2 Mar ditemui saat memimpin bersih-bersih desa mengatakan bahwa kegiatan Binpotmar semacam ini bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di sekitarnya sehingga masyarakat dapat terhindar dari penyakit menular seperti demam berdarah ataupun ancaman bahaya banjir. Selain itu, dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi masyarakat untuk memelihara lingkungan secara sehat.

Masih dalam acara yang sama, Marsono, salah seorang tokoh masyarakat desa Tambak Cemandi, mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kepedulian prajurit Marinir di desa Cemandi. “Atas nama pribadi dan warga disini, kami mengucapkan terimakasih atas bantuannya telah melaksanakan kerja bakti bersama warga, dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi bentuk kemanunggalan masyarakat dan TNI serta merupakan sarana edukasi bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan,” ujarnya.
(yos/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *