Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bersihkan Sungai.

Pacitan – Terus berupaya dalam pencegahan banjir, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama masyarakat, melakukan kerja bakti pembersihan sungai yang berada di lingkungan Jaten Kel. Sidoharjo Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan kerja bakti tersebut merupakan upaya untuk normalisasi sungai, harapannya pada saat terjadi hujan tidak terjadi banjir.Melalui pengerukan dan pembersihan sampah yang ada di dasar sungai, sehingga fungsi sungai kembali normal.

Dalam keterangannya di lapangan Sertu Johan Babinsa Koramil 0801/Pacitan menyampaikan bahwa, pengerukan sampah tersebut bertujuan untuk mengurangi pendangkalan sungai, sehingga saat terjadi hujan sungai dapat menampung debit air dan tidak terjadi banjir.

“Aksi pengerukan dan pembersihan sungai tersebut, setidaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan”, kata Babinsa kepada awak media di lokasi.

Lebih lanjut, ia juga menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, serta untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai.

“Jangan membuang sampah sembarangan terutama di sungai.Mari kita bersama-sama lakukan pembersihan sungai ini secara sukarela, karena manfaatnya sangat besar, demi menjaga kelestarian lingkungan”, ajak Babinsa kepada warga.

Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan beserta ekosistem yang ada di sungai, kegiatan tersebut sekaligus dapat memupuk jiwa kebersamaan dan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat agar semakin solid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *