Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes di Wilayah Aglomerasi Tangerang Dalam Rangka 70 Persen Herd Immunity

Saat ini pemerintah telah melakukan upaya percepatan vaksinasi nasional khususnya di ibu kota Provinsi dan wilayah Aglomerasi seperti Bogor dan Tangerang agar mencapai target Vaksinasi diatas 70%.

Untuk itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengerahkan 122 Tenaga Kesehatan (Nakes) Siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI yang tengah mengikuti Pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Dikerahkan Nakes tersebut dalam rangka 70 persen herd immunity guna membantu penanganan Covid-19 dan serbuan vaksinasi di wilayah aglomerasi, KabupatenTangerang, Provinsi Banten, Rabu (20/10/2021).

Sebelumnya 122 Nakes tersebut diberangkatkan dua shorty penerbangan dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta dengan menggunakan pesawat Hercules C-130  A- 1303 dan CN A-2901 TNI AU. Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, para Nakes TNI tersebut di terima oleh Wakapuskes TNI Marsma TNI dr. Didik Kestito, Sp. Bu., MM. Rs., selanjutnya diberangkatkan menuju Hotel Amaris Citra Raya Kabupaten Tangerang.

122 Nakes yang dikerahkan tersebut terdiri dari Dokter Umum 88 orang, Dokter Gigi 11 orang, Apoteker 8 orang, Perawat 4 orang, Gizi 3 orang, Elektro Medis 1 orang, Fisioterapi 2 orang, Analis Medis 2 orang, Radiologi 1 orang, Perawat Gigi 1 orang dan Rekam Medis 1 orang.

Wakapuskes TNI menjelaskan bahwa saat ini seluruh negara termasuk Indonesia yang kita cintai bersama sedang berperang dengan gencar-gencarnya menghadapi Covid-19, dan berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia mulai dari mengatakan Prokes 3 M, meningkatkan 3 T, sampai mendirikan berbagai rumah sakit Covid-19 yaitu RS Wisma Atlet, RS Khusus Inspeksi di Pulau Galang, RS Lapangan Kogabwilhan di Surabaya dan beberapa rumah sakit terpadu (Isoter) diberbagai Kabupaten  dan kota diseluruh Indonesia.

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi. “Kita sebagai anggota TNI tentunya mempunyai kewajiban untuk membantu tugas dari pemerintah. Disinilah tugas dari para Perwira Siswa sekalian, membantu melaksanakan vaksinasi di daerah Tangerang dan Bogor,” ujarnya.

Selanjutnya Wakapuskes TNI mengatakan bahwa TNI mendapat tugas untuk melaksanakan vaksinasi kepada 50 juta penduduk Indonesia. Tentunya ini adalah tugas yang berat yang harus dilaksanakan bersama-sama.

“Para Perwira Siswa agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Sebagai Perwira kita dituntut untuk selalu melaksanakan tugas yang dibebankan oleh negara kepada kita dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.

Setibanya di Kabupaten Tangerang para Nakes TNI disambut oleh Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Rano Tumilaar, Sekda Kab. Tangerang Drs. H. Maesyal Rasyid, M. M., Kadinkes Kab. Tanggerang dr. Desi Riana Dinar Dianti.

Turut hadir pada penyambutan di Lanud Halim Perdanakusuma diantaranya, Dirdik Kodiklat TNI Laksma TNI Dirk Poltje Lengkey, S.E., M.M., Danpusdikma Kodiklat TNI Brigjen TNI Udiyanto, M.Tr.(Han) dan Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *