Millenial’s Games Ajang Kemanunggalan TNI AD dan Generasi Muda 

“Jangan bertanya apa yang Negara berikan kepadaku tapi bertanyalah apa yang dapat saya berikan pada negara”, demikian penekanan dan sambutan Asisten Teritorial (Aster) TNI AD Brigjen TNI Supartodi yang dibacakan Wakil Asisten Teritorial (Waaster)  Brigjen TNI Dudung A, SE, M.M saat penutupan lomba Millenial’s Games yang diselenggarakan orang muda AMPI di gedung Mabesad, Jakarta (25/11).

Apa yang ditekanan Aster dalam sambutannya merupakan amanat kepada ‎generasi Millenia’s dan komunitas Game ‎Online khususnya orang muda AMPI yang telah menggelar lomba yang cukup diminati kalangan muda saat ini.

Kepada generasi muda tersebut, Aster mengatakan dengan terselenggaranya lomba ini, dapat berdampak positif menciptakan iklim kompetisi yang sehat ‎pada generasi muda era Millenial’s, sehingga dapat melahirkan motivasi dan semangat sportifitas dalam berkarya bagi negara dan bangsa serta menangkal pengaruh negatif globalisasi.

“Besar harapan kami agar generasi ‎Millenial’s yang telah menyatu dengan kultur ‎global dan media digital, jangan sampai ‎terbawa arus pada hal-hal negatif tapi ‎sebaliknya dapat membendung dengan terus ‎mengasah diri mengikuti perkembangan ‎jaman tanpa melupakan jatidiri kita sebagai ‎bangsa Indonesia, seperti sikap gotong-royong dan kebersamaan, rela ber‎korban dan pantang menyerah serta meng‎utamakan persatuan diatas keberagaman ‎dan perbedaan”, imbuh Aster yang dibacakam Waaster.

Dengan demikian lanjut Aster, para ‎generasi Millenial’s memiliki kekebalan ‎bangsa atau Immunity of the Nation yang ‎pada dasarnya adalah daya tahan dan daya tangkal yang dimiliki bangsa Indonesia untuk menghadapi berbagai persoalan dalam ‎konteks kesatuan bangsa serta kekebalan ‎yang dimiliki bangsa Indonesia ‎dalam ‎mempertahankan keutuhan dan kedaulatan ‎NKRI”, apalagi nilai-‎nilai luhur tersebut semakin sulit ditemukan, ungkap Aster.

Samakan Persepsi

Mengoptimalkan hal tersebut, Aster TNI menegaskan agar generasi muda menyamakan persepsi kebangsaan.

“Kita perlu menyamakan persepsi bahwa ‎sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 27 ‎ayat 3 yaitu “Setiap warga Negara berhak ‎dan wajib ikut serta dalam pembelaan ‎negara, dimana upaya bela Negara atau ‎kesediaan berbakti pada negara dan ‎kesediaan berkorban demi negara bukan ‎hanya monopoli TNI, akan tetapi merupakan ‎hak sekaligus kewajiban warga negara yang ‎implementasinya bisa melalui pendidikan ‎kewarganegaraan, pendidikan dasar militer ‎atau pengabdian sesuai profesi”.

Untuk itu, para Generasi Millenial’s mempunyai tugas ‎pokok menegakkan kedaulatan negara, ‎mempertahankan keutuhan wilayah Negara ‎Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ber‎dasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh ‎tumpah darah Indonesia dari ancaman dan ‎gangguan.

Sebelumnya Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) bekerjasama dengan TNI menggelar lomba Millenial’s Games yang dimulai dari tanggal 15-24  Nopember secara online. Ajang permainan online ini diikuti generasi muda bangsa.

Beberapa kategori yang dilombakan adalah Mobile Legend Turnament, e-Komik Competition, dan Video Instagram Competition.

Adapun juara pertama Video Instagram dimenangkan oleh Dida Warda (Nasionalisme Generasi Muda Berkarya), kedua Lucky F (Kontribusi Untuk Negeri), Ketiga Adam S. (Pejuang)

Pemenang E-Komik Competition, Juara pertama diraih Dwiki A (Nasional Jam Now), kedua, Dwiki A. (Semangat Nasionalisme), ketiga, Gani Suryo (Superhero). Sedangkan pada lomba Mobile Legend, juara pertama diraih, Tim RRQ, kedua oleh Tim Saints Irdo, dan ketiga diraih Tim Critical.

Hadir saat penutupan beberapa pejabat tinggi TNI, seperti Aster Kasdam Jaya, Aster Kopassus, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan ‎Indonesia (AMPI). (ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *