Krisis Air Bersih, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Bantu Pemdes Salurkan Air Bersih

Pacitan – Musim kemarau panjang kali ini menyebabkan krisis air bersih di sejumlah wilayah yang ada Kab. Pacitan, tak terkecuali yang dialami oleh warga Dusun Krajan, Desa Gedangan, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan.

Prihatin atas fenomena ini, Sertu Budianto Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan membantu Pemerintah Desa Gedangan dalam menyalurkan air bersih bagi warga yang terdampak, Rabu (25/10/2023).

Penyaluran air bersih dilakukan dengan menggunakan truck yang diisi tandon air, yang kemudian didistribusikan ke warga melalui jerigen. Sedangkan pengambilannya diatur secara bergilir, agar setiap KK bisa mendapatkan air bersih.

Dalam keterangannya, Kepala Dusun Krajan menyampaikan, bahwa sudah sejak dua bulan terakhir warganya kesulitan mendapatkan air bersih karena sumbernya sudah kering dampak kemarau panjang.

“Kebanyakan sumur milik warga sudah tidak bisa mengeluarkan air lagi. Sehingga sehari-hari warga mengandalkan bantuan air baik dari pemerintah Daerah maupun Desa”, kata Tukiyo saat berada di lokasi usai distribusikan air bersih.

Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo mengungkapkan, bahwa penyaluran air bersih tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk membantu meringankan beban warga di wilayah yang mengalami kesulitan.

“Sebagai Babinsa kita harus selalu tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi oleh warganya, disamping juga harus bisa memberi solusi. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan air bersih ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air selama musim kemarau ini”, bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *