Kreativitas Persit Korem 081/DSJ Ubah Limbah Plastik dan Kertas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

MADIUN, Sampah merupakan masalah serius yang memerlukan penanganan secara baik dan benar. Jika tidak, sampah-sampah itu akan membuat lingkungan akan semakin tercemar.

Bukan di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia, bahkan di negara-negara maju pun, sampah harus dapat dikelola dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Kepedulian itu, mereka tunjukkan saat mengumpulkan sampah-sampah plastik dan kertas yang berasal dari rumah tangga di Desa Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (11/3/19).

Melihat kondisi tersebut, Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 081 PD V Brw berupaya memanfaatkan sampah-sampah plastik dan kertas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 081 PD V Brw Ny. Masduki yang turut terlibat dalam aksi simpatik itu menyampaikan, bahwa apa yang dilakukan oleh Ibu-Ibu Persit itu merupakan sebuah upaya untuk memberikan kesadaran dan contoh kepada masyarakat bagaimana cara mengolah atau memanfaatkan sampah-sampah plastik dan kertas yang ada di lingkungan sekitar.

“Sampah-sampah ini, nantinya oleh kami akan dimanfaatkan untuk diubah menjadi berbagai macam produk kerajinan yang lebih bernilai,” terangnya.

“Kami yakin, jika ini sudah kita ubah menjadi produk kerajinan, maka ini nanti akan mempunyai nilai jual, yang dapat mmebantu meningkatkan kesejahteraan para anggota Persit,” kata Ketua Persit.

Ia menambahkan, selain itu, nantinya ia bersama anggota Persit lainnya juga akan memberdayakan ibu-ibu yang ada di masyarakat, agar mereka juga mempunyai keterampilan tentang bagaimana memanfaatkan sampah-sampah mereka untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga.

Aksi Simpatik dalam memanfaatkan sampah plastik dan kertas itu, tampak disambut baik dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para ibu-ibu Desa Mojorejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *