Komandan Pusdikkav Kodikmar Buka Kursus Harwat Ranpur TA. 2022

Tantangan tugas ke depan yang semakin berat, kompleks, dengan spektrum penugasan sebagai prajurit Korps Marinir untuk menghadapi setiap ancaman terhadap integritas dan kedaulatan bangsa, baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri maka perlu adanya kesiapan kondisi personel dan material tempur tiap-tiap kesenjataan Korps Marinir yang terus dipelihara, ditingkatkan, dan dikembangkan kemampuannya. Sehubungan dengan hal tersebut, Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri (Danpusdikkav) Kodikmar, Kolonel Marinir Baju Kelana Putra, secara resmi membuka  kursus pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur (Harwat Ranpur) TA. 2022 yang diikuti 12 personel bintara Kavaleri Korps Marinir di lapangan apel Pusdikkav Kodikmar, Gunungsari, Surabaya. Selasa(17/05/2022).

Dalam amanatnya, Danpusdikkav Kodikmar menyampaikan bahwa Korps Marinir sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Laut, mempunyai peranan penting dalam mengemban tugas pokok, khususnya sebagai pasukan pendarat amfibi sehingga kondisi kesiapan personel dan material tempur tiap-tiap kesenjataan harus dipelihara dan ditingkatkan, untuk kemudian dikembangkan kemampuannya dengan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang didukung oleh kesiapan alat peralatan tempur yang optimal, serta sistem latihan yang efektif, dalam rangka mewujudkan postur prajurit marinir yang profesional, kuat dan dicintai rakyat selaras dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Lebih lanjut, Danpusdikkav Kodikmar mengatakan bahwa kursus harwat ranpur yang dilaksanakan selama ± 3 bulan ini bertujuan untuk mendidik peserta kursus, agar mampu menyiapkan, memperbaiki dan memelihara kondisi ranpur dengan baik agar selalu siap dioperasionalkan, sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai bidang penugasan dan jabatan yang diemban, khususnya dalam hal pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur.

“Belajar, berlatih, menimba ilmu dan meningkatkan kualitas diri sebagai prajurit Kavaleri Korps Marinir, serta tetap ikuti segala aturan dan ketentuan yang berlaku di lembaga pendidikan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pesan Danpusdikkav Kodikmar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadepopsdik Kodikmar Letkol Marinir Dwi Hartono, M.Tr.Opsla, Dansepakav Letkol Marinir Jaka Sulistiana Putra., M.Tr.Opsla, Dansebakav Letkol Marinir Sapto Putro Pamungkas, Dansetakav Mayor Marinir Aloysius Yogandhi N., M.Tr.Opsla dan para perwira jajaran Pusdikkav Kodikmar. (yosafat rh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *