Kasal Beri Wawasan Kemaritiman di Unhan

BOGOR, trisulanews.com – Melalui Kuliah Umum, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi S.E, M.A.P memberikan wawasan kemaritiman kepada mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) (15/5).

Kuliah Umum yang bertajuk “Peran TNI AL Menjaga Stabilitas Keamanan Maritim”, dibuka langsung oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A. di ruang Auditorium yang dihadiri ratusan mahasiswa serta dosen Unhan.

Rektor Unhan dalam hal ini mengatakan kuliah umum yang diberikan Kasal penting diketahui mahasiswa, terutama menambah wawasan mahasiswa disektor kemaritiman.

“Kuliah Umum Kasal ada korelasinya dengan apa yang dipelajari mahasiswa Unhan, terutama pada fakultas Strategi Pertahanan. Nah, dengan adanya kuliah umum ini mahasiswa dapat menindak lanjuti apa yang disampaikan Kasal”, tutur Rektor.

Kembali Rektor mengatakan, bahwa ada hal hal yang perlu mendapat perhatian mahasiswa, terutama terhadap peran strategis TNI AL dalam menjaga kawasan perairan nusantara, diantaranya : “Kehadiran TNI AL dalam rangka memberikan keamanan perairan nusantara, Kemajuan alutsita TNI AL yang berbasis teknologi, Peningkatan kapasitas dan kapabilitas TNI AL, serta beragam permasalahan dan ancaman yang wajib dikelola dengan baik”, jelas Rektor.

Sementara dalam kuliah umumnya Kasal menjelaskan strategi dan permasalahan serta bagaimana memanajemen sektor kemaritiman. Salah satu upaya yang dipaparkan kerjasama bilateral.

“Melalui kerjasama bilateral dalam wujud patroli bersama kita dapat mengelola tingkat keamanan laut. Dengan patroli besama kita mampu mencegah ancaman teroris, perompak, narkoba dan lain lain jelas Kasal.

Selain itu lanjut Kasal, menjaga perairan nusantara dibutuhkan arsitektur pertahanan maritim yang solid, serta dibangun berdasarkan lokasi atau konstelasi geografis Indonesia. “Ini sulit namun hal itu dapat dilakukan, terutama bagi calon calon pemimpin mendatang, seperti mahasiswa Unhan”, kata Kasal. (ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *