KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Jelaskan Perubahan Status Serda Aprilia Manganang

Jakarta,  (9/3) Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengkonfirmasi Aprilia Manganang mantan atlet voli putri Indonesia berjenis kelamin pria.

Menurut KASAD, Aprilia Manganang yang saat ini berpangkat TNI Sersan Dua (Serda) sejak lahir memang berjenis kelamin pria. Namun yang terjadi Aprilia mengalami kejadian medis yang disebut Hipospadia. “Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad.

Dijelaskan KASAD, Hipospadia merupakan kelainan medis pada bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki ketika dilahirkan. Andika menyebut,kelainan yang dialami Aprilia baru diketahui saat pihaknya menyuruh yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto.

Mengacu pada hasil medis tersebut, hormos testosteron yang dimiliki Aprilia lebih tinggi. Kemudian dalam organ reproduksinya tak ada bagian tubuh yang semestinya dimiliki perempuan. “Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi. Bahkan,menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, pada setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki,”jelas Andika.

Aprilia Manganang merupakan mantan pemain Timnas voli putri Indonesia. Semasa kariernya, pemilik nama lengkap Aprilia Santini Manganang merupakan olahragawan yang berprestasi. (ef/ft.istimwa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *