Jalan Desa Temajuk Rusak, Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru Gelar Kerja Bakti

JAKARTA, Akibat sering diguyur hujan deras dengn intensitas tinggi, menggerakan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Beruang untuk menggelar kerja bakti perbaikan jalan yang rusak parah di Desa Temajuk.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru Letkol Inf Kukuh Suharwiyono dalam keterangan tertulisnya di Entikong, Kalimantan Barat, Senin (15/6/2020).

Dikatakan Kukuh, tingginya curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Sambas membuat beberapa jalan rusak dan berlubang. Seperti di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, adanya genangan air pasca turun hujan mengakibatkan jalan yang belum diperkeras di desa tersebut rusak dan sulit dilalui kendaraan.

“Kondisi jalan yang rusak tersebut tentunya menyulitkan aktivitas warga dan berpotensi terjadinya kecelakaan bagi pengguna kendaraan maupun warga yang melintasi jalan tersebut. Kerja bakti ini juga melibatkan warga setempat untuk bergotong royong, “ ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jalan yang rusak parah dan berlumpur, ditutup dengan karung-karung berisi tanah sekaligus untuk menahan air hujan agar kondisi jalan tidak semakin mengalami kerusakan lebih parah lagi.

“Inilah bentuk kepedulian kami terhadap kondisi lingkungan warga yang harus menjadi perhatian kita bersama untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat, karena jalan merupakan urat nadi perekokomian masyarakat “ imbuhnya.

Sementara itu, Danpos Temajuk Satgas Pamtas Yonif R’641/Bru, Letda Inf Erman Harisrustaman, mengatakan bahwa jalan di Desa Temajuk ini merupakan akses satu-satunya bagi warga setempat yang menghubungkan ke desa-desa lainnya.

“Jalan di desa ini merupakan akses utama warga menuju ke desa lainnya dan untuk aktivitas ekonomi warga. Mungkin hasilnya belum maksimal, tapi kebersamaan dan gotong rotong warga ini yang mahal nilainya,” pungkas Erman.

Harun (38) selaku Kepala Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, mewakili warga mengapresiasi kegiatan yang diprakasai Satgas Yonif R-641/Bru.

“Kami senang melihat hasil perbaikan jalan hari ini. Setidaknya kita bisa lewat pakai motor atau jalan kaki,” tukasnya. (penad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *