Indonesia Denmark Teken MoU Dana Perwalian Multi Donor

Jakarta, (trisulanews.com)
Menko Maritim Luhut Pandjaitan bersama Perdana Menteri Denmark Lars Løkke Rasmussen menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang kontribusi Pemerintah Denmark terkait Dana Perwalian Multi Donor untuk program Kelautan, Sampah Laut dan Sumberdaya Pesisir Indonesia.

MOU yang dilakukan oleh Dubes Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen dan Country Director World Bank Rodrigo Chaves bernilai Rp 11,8 Miliar, dilaksanakan Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara (28/11).

Melalui keterangan resminya Lars Løkke Rasmussen mengatakan, kerjasama ini bertujuan meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara. ”Saya mengunjungi Indonesia untuk lebih memperkuat kemitraan erat antara kedua negara kita. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perdagangan dan investasi dan memperdalam kerjasama politik kita”, tuturnya.

Selain itu, Denmark juga ingin membantu Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan berbagi pengalaman dan solusi inovatif di bidang
lingkungan, sambung Lars.

Paham Radikalisme

Terkait paham radikalisme yang tentunya merupakan permasalahan global, Denmark berharap Indonesia dapat bekerjasama tukar pengalaman. “Saya berharap dapat berbagi beberapa pengalaman Denmark yang menangani anti-radikalisasi selama kunjungan saya.” imbuh Lars.

Dalam hal ini Denmark menyadari bahwa Indonesia merupakan bangsa populasi Muslim terbesar di dunia, dan Indonesia merupakan contoh positif Islam moderat dimana komunitas religius hidup berdampingan dalam masyarakat yang demokratis dan toleran. Dengan demikian, Indonesia merupakan suara penting dalam perang global melawan ekstremisme dan radikalisasi agama.

Konsern dengan hal itu Perdana Menteri rencanannya akan menghadiri dialog lintas agama di Masjid Istiglal bersama dengan para pemuka agama dan cendekiawan dari Indonesia. Selama dialog antar agama, Perdana Menteri akan meluncurkan sebuah inisiatif baru untuk meningkatkan toleransi dan anti-radikalisasi di Indonesia.(ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *