Ibu-Ibu Dharma Pertiwi Bakoor Madiun Kenalkan Batik Motif Sri Gandhali

Madiun, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 081 PD V/Brawijaya, Ibu Dewi Waris Ari Nugroho yang sekaligus Ketua Dharma Pertiwi Bakoor Madiun mengenalkan keterampilan membatik kepada anggotanya.

Hal itu terlihat pada siang ini, saat mereka belajar membuat batik motif Sri Gandhali di Cagar Budaya Osvia Boschbou, Jl. Diponegoro No. 39 Kota Madiun, Selasa (20/10/2020).

Motif batik Sri Gandhali yang mempunyai arti ratu yang namanya harum bagaikan seribu bunga, juga termasuk dalam kategori batik kontemporer atau yang lebih dikenal dengan Batik Pecelan di daerah Madiun dan sekitarnya.

Dalam keterangan persnya, Ibu Dewi Waris Ari Nugroho mengatakan, jika melaui kegiatan membatik itu, mereka berupaya untuk dapat melestarikan batik yang merupakan warisan seni budaya Bangsa Indonesia.

Ditambahkannya, kegiatan itu juga sangat bermanfaat untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan tentang membatik.

“Dengan keterampilan membatik, kita Ibu-Ibu juga masih tetap dapat berkarya di rumah, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” terangnya.

Harapan lainnya, Ibu Dewi Waris Ari Nugroho juga ingin agar masyarakat dapat lebih mencintai batik dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karena menurutnya, dengan banyaknya motif batik yang modern saat ini, batik dapat dikenakan di mana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *