Hancurkan Sasaran Musuh, Siswa Dikko Taruna AAL Korps Marinir LIX dan Dikmata XLI Praktek Bahan Peledak

Sebanyak 274 siswa pendidikan komando (Dikko) yang terdiri dari  25 taruna AAL Korps Marinir tingkat II angkatan LIX dan 249 siswa Dikmata XLI/1 tahap sargolan kejuruan Infanteri TA. 2021 melaksanakan latihan praktek bahan peledak (Handak) di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Karangtekok, Asembagus, Situbondo. Minggu (17/04/2022).

Saat ditemui sela-sela  berlangsungnya latihan, komandan satuan tugas pendidikan (Dansatgasdik) Mayor Marinir Nofry G.Kaloh, M.Tr. Opsla yang juga sehari hari menjabat sebagai  Komandan sekolah Tamtama Marinir (Dansetaifmar) Kodikmar menyampaikan bahwa untuk meningkatkan  profesionalisme dan kemampuan tempur siswa dikko wajib mempelajari dan melaksanakan praktek cara menggunakan handak sebagai salah satu materi dalam tahap pertama dalam pendidikan komando yaitu Tahap Dasar dan Taktik Komando. Selain itu, juga agar para siswa dapat mampu secara teknis maupun taktis untuk menunjang pelaksanaan tugas operasi di masa mendatang sesuai dengan kebijakan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Sebagai gambaran maka  disimulasikan para siswa ditugaskan masuk ke daerah operasi untuk menyelesaikan sasaran atau target musuh dengan berbagai jenis-jenis handak serta mampu merangkai bahan-bahan peledak untuk bisa menghancurkan sasaran berupa  rintangan-rintangan, lapangan ranjau, jembatan-jembatan dan gedung-gedung tempat obyek vital  musuh.

“Seluruh pelatih, instruktur, pembimbing serta pendukung agar tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personil serta material sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal sampai dengan selesai, awali setiap kegiatan dengan doa,” pesan Komandan.(yosafat rh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *