Guna Peroleh Hasil Panen Maksimal, Anggota Kodim 0801/Pacitan Lakukan Perawatan Tanaman Jagung

Pacitan – Bangsa Indonesia merupakan negara agraris, dimana sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani.Dengan letak wilayah yang sangat strategis, sehingga dapat menguntungkan bagi bangsa Indonesia terutama di sektor pertanian.

Sesuai perintah KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman, dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Kodim 0801/Pacitan terus berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur sebagai lahan pertanian dengan menanami tanaman jagung.

Hingga saat ini tanaman jagung sudah berumur 40 hari sejak usia tanam, yang tumbuh dilahan seluas 0,5 Hektar milik Kodim 0801/Pacitan. Dengan demikian, tanaman jagung yang sudah tumbuh subur juga terus dirawat secara intensif guna memperoleh hasil panen yang maksimal.

Pada kesempatan ini, anggota Kodim Kodim 0801/ Pacitan melakukan perawatan tanaman jagung sebagai program pemerintah dalam pemanfaatan lahan tidur, yang berada di Kel. Sidoharjo Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Jumat (26/8/2022).

Saat ditemui di kantornya Pasi Teritorial Kodim 0801/01 Pacitan Kapten Inf Nurhadi Sugiono menyampaikan bahwa, dengan melakukan perawatan pada tanaman jagung secara intensif, sehingga akan dapat meningkatkan hasil panen yang maksimal sesuai yang diharapkan.

“Saat ini kami melakukan perawatan rutin setiap saat, dengan membersihkan tanaman jagung dari gulma, hama maupun parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung”, kata Pasi Teritorial.

“Dengan memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami jagung, dapat berdampak pada peningkatan produktivitas stok jagung nasional, sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat dan kesejahteraan masyarakat meningkat”, ucap Pasi Teritorial.

“Selanjutnya, diharapkan pada saat panen nantinya dapat memperoleh hasil yang maksimal dan berkualitas tinggi.Kemudian, hasil panen bisa diberikan kepada masyarakat sekitar maupun dibagikan kepada para anggota Kodim Pacitan”, tutur Pasi Teritorial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *