Gencar Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak, Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan Berikan Pendampingan

Pacitan – Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan, Pemerintah terus berusaha membantu para peternak untuk menciptakan ketersediaan daging yang sehat.

Hal tersebut dikarenakan usaha peternakan rakyat dan keberadaan ternak lokal menjadi kunci dalam pemenuhan daging sapi dalam negeri.

Salah satu upaya pemerintah yang sedang dilakukan saat sekarang ini, yaitu dengan melakukan pengecekan kesehatan serta vaksinasi terhadap hewan ternak sapi dan kambing oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Demi menjaga agar hewan ternak tetap sehat maka, Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan Kodim 0801/Pacitan, melaksanakan pendampingan vaksinasi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terhadap hewan ternak milik warga Desa Pakis Baru Kec. Nawangan Kab. Pacitan, Kamis (6/10/2022).

Tim vaksinasi yang ketuai oleh Dr Mahendra (Dokter Hewan) melakukan kegiatan vaksinasi terhadap hewan ternak sebanyak 1051 ekor, terdiri dari Sapi sebanyak 298 ekor dan kambing 753 ekor.

Dalam keterangannya di lapangan, Serma Zainal Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan mengungkapkan bahwa, tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) sehingga hewan ternak dapat tumbuh kembang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit.

“Ternak yang sehat bisa dilihat dari tampilan fisiknya seperti ternak kelihatan aktif dan tanggap terhadap perubahan situasi di sekitarnya, kemudian hewan ternak dapat tumbuh kembang sesuai usia pada umumnya”, kata Babinsa.

Babinsa juga menghimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan pola makan, sehingga hewan ternak tetap sehat terhindar dari virus penyebab penyakit

“Dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak, akan dapat meningkatkan potensi usaha peternakan dalam negeri.Sehingga pemenuhan daging di dalam negeri tidak lagi tergantung dari impor melainkan melalui peternak lokal”, ungkap Babinsa.

“Semoga dengan adanya program vaksinasi dari pemerintah, hewan ternak dapat terjamin kesehatannya, sehingga menghasilkan daging yang bermutu dan berkualitas dan dapat meningkatkan penghasilan para peternak”, harap Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *