Forkopimda Kabupaten Madiun Tinjau Lokasi Bencana Tanah Longsor

Madiun, – Intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan terjadinya tanah longsor disebagian wilayah Kabupaten Madiun. Setidaknya ada 3 Kecamatan di Kabupaten Madiun yang wilayahnya terjadi tanah longsor, diantaranya Kecamatan Dagangan, Kecamatan Kare dan Kecamatan Gemarang.

Terkait hal itu tampak Forkopimda Kabupaten Madiun dipimpin Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos., yang didampingi Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles, Kapolres Madiun AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah, S.I.K., M. S.i., sedang meninjau lokasi tanah longsor ditiga kecamatan tersebut, Jumat ( 02/04/2021).

Kepada media center Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles mengatakan, dengan kondisi cuaca saat ini musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi, sehingga sangat berpotensi terjadinya tanah longsor ditiga kecamatan tersebut, dikarenakan sebagian besar wilayahnya adalah wilayah perbukitan.

“Kondisi geografis daerah tesebut memang kebanyakan wilayah perbukitan, sehingga potensi kerawanan longsor sangat tinggi. Terkait hal itu saya menyampaikan kepada para Babinsa untuk terus memantau kondisi wilayah binaaanya terutama pada saat cuaca hujan,” ungkap Dandim.

Dandim juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan terjadi tanah longsor untuk selalu waspada, terutama pada saat musim penghujan.

Lebih lanjut Dandim juga mengatakan bahwa sejak terjadinya longsor semalam, jajaranya sudah melakuakan upaya untuk membantu masyarakat membersihkan material longsor yang memutus akses jalan serta mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak tanah longsor.(mc0803)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *