Dankormar Ikuti Upacara Proklamasi HUT RI ke 79 di Istana Merdeka

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti secara virtual jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun ke-79 dari Istana Merdeka Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, yang digelar di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN). Sabtu (17/08/2024).

Hari Ulang Tahun ke-79 RI tahun 2024, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diselenggarakan di 2 tempat yaitu Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur yang dipimpin langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo dan di Istana Merdeka Jakarta di pimpin oleh Wakil Presiden RI Prof.Dr. (H.C) K.H Ma’ruf Amin mengikuti secara Virtual rangkaian Upacara di IKN.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di halaman Istana Garuda IKN mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara mengenakan pakaian adat Kutai Takwo Kustim berbahan beludru berwarna hitam dengan ukiran warna emas di bagian depan baju sampai lengan. Sedangkan Wakil Presiden RI di istana merdeka mengenakan Pakaian Adat Teluk Belanga berwarna Oranye.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN dilaksanakan tepat pukul 11.10 Wita yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali. Setelah itu dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, pembacaan doa dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *