Dandim Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton Dampingi Bupati Sambut Kunker Menteri Kemnaker RI di BLKK Unipro

Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr (Han)., M.I.Pol bersama Forkopimda Tulungagung mendampingi Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M menyambut kunjungan kerja Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah saat mengunjungi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Unipro Biso Tulungagung di Desa Gedangsewu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Selasa (28/12/2021).

Menteri Ida melihat perkembangan BLKK yang dibangun Kemnaker RI tahun 2019-2020. BLKK yang ada di lingkungan SMK NU ini mempunya jurusan multimedia.

“BLK ini sudah bermitra dan menjadi unit usaha sendiri. Tidak hanya membuat lapangan kerja untuk diri sendiri, tetap juga untuk orang lain,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan RI.

Beliau menyebut, BLKK Unipro Biso ini salah satu yang terbaik. Tolok ukurnya karena mampu melahirkan wirausahawan dan merekrut tenaga kerja. Sesuai tujuan pembangunan BLKK, yaitu memenuhi pasar kerja dan menciptakan wirausahawan.

“BLKK dibangun pada komunitas keagamaan maupun serikat pekerja. Dimana ada pesantren yang membutuhkan peningkatan kompetensi, maka akan kami bangun,” sambung Menteri Ketenagakerjaan RI.

Ida sempat masuk ke studio multimedia untuk program podcast bersama Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dan Anggota DPR RI, Anggia Ermarini. Mereka berdialog dengan alumni BLKK Unipro Biso yang sudah eksis di dunia kerja.

Saat ini sudah ada 2.127 BLKK yang sudah selesai dibangun di seluruh Indonesia. Sedangkan 778 lainnya masih dalam proses pembangunan dan akan selesai tahun 2021 ini. Kemnaker juga memperkuat peran BLKK ini di Papua dan Papua Barat.

“Kalau di Papua dan Papua Barat basisnya gereja, karena mayoritas beragama Kristen. Kalau Jawa Timur mayoritas pesantren, termasuk Tulungagung,” ucap Menteri Ketenagakerjaan RI.

Pembangunan fisik BLKK dilakukan sepenuhnya oleh Kemnaker RI. Kemnaker juga melengkapi sarana dan prasarana, dan menyiapkan instruktur. Setelah itu baru diserahkan ke pengelola BLKK menjadi lembaga yang mandiri.

“Jadi semua dari kementerian. Setelah siap baru diserahkan,” pungkas Menteri Ketenagakerjaan RI.

Dari BLKK Unipro Songo, Menaker meneruskan kunjungannya ke BLKK Sunan Kalijaga di Desa Kaliwungu, Kecamatan Ngunut. BLKK ini dibangun di komunitas pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *