Dandim Dampingi Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto S.I.P mendampingi Kapolres Tulungagung AKBP. Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana Hidrometeorologi di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Rabu (06/12/2023).

Personel gabungan dari TNI, Polri, Pemkab Tulungagung, dan relawan turut serta dalam kegiatan apel gelar pasukan ini. Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, mengungkapkan bahwa bulan Desember 2023 menandai awal musim hujan di Kabupaten Tulungagung, yang membuat beberapa wilayah rawan terdampak bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir, dan angin puting beliung.

Dalam sambutannya, AKBP Teuku Arsya Khadafi menyatakan pentingnya antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi potensi bencana. “Apel gelar pasukan yang kami lakukan ini untuk memastikan kesiapan para personel maupun peralatan yang dimiliki untuk penanggulangan bencana,” kata Arsya.

Ratusan personel tanggap bencana telah disiapkan, terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemkab Tulungagung, dan relawan. Mereka akan ditempatkan di posko-posko yang telah ditentukan sesuai wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Tugas utama relawan adalah merespon dengan cepat setiap kali terjadi bencana di wilayahnya.

Diketahui, tiga jenis bencana hidrometeorologi, yaitu longsor, banjir, dan angin puting beliung, menjadi fokus utama penanggulangan. Setiap kecamatan telah dipersiapkan dengan personel tanggap bencana untuk mengatasi potensi bencana di wilayahnya.

Melalui apel gelar pasukan ini, diharapkan semua pihak dapat bersinergi dan bekerja sama secara optimal dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat Tulungagung selama musim hujan. Komitmen untuk memberikan respons cepat dan efektif menjadi kunci utama dalam menjaga ketangguhan daerah ini menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *