Dandim 0806/Trenggalek Bersama Forkopimda Hadiri Peresmian Sumur Bor TNI Manunggal Air

Trenggalek – Dandim 0806/Trenggalek Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S.Sos, bersama Forkopimda Trenggalek hadiri peresmian sumur bor oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Dudung Abdurachman, S.E., M.M., melalui saluran virtual di Desa Tanggaran, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jumat (07/10/2022).

Program TNI Manunggal Air merupakan persembahan dari KASAD sebagai wujud sinergitas TNI bersama Pemda setempat dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah rawan kekeringan.

Dalam agenda itu, melalui saluran virtual Kasad TNI Jenderal Dr. Dudung tampak menandatangani peresmian sumur bor secara simbolis saat berada di Tulungagung Jawa Timur.
.
Usai acara peresmian sumur bor, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S. Sos., mengatakan, TNI Manunggal Air merupakan program dari KASAD yang ingin membantu dan manjangkau masyarakat yang selama ini kekurangan air.

Dandim juga menjelaskan, Pembuatan sumur tersebut untuk membantu menghadirkan air untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Tanggaran di kala musim kemarau. Mengingat Desa Tanggaran adalah salah satu desa di wilayah Kabupaten Trenggalek yang terletak di ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.

“Untuk pembuatan sumur bor tersebut, Kodim 0806/Trenggalek bekerjasama dengan Yonzipur 5/ABW dengan melakukan pengeboran sumur mencapai kedalaman 130 meter untuk mendapatkan sumber mata air,” jelasnya.
.
Dandim menyebut nantinya air ini akan disalurkan kepada warga masyarakat Desa Tanggaran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pertanian, maupun peternakan.
.
Sementara Sekda Trenggalek Edy Soepriyanto menyambut baik upaya TNI dalam menghadirkan sumber air bagi di daerah yang masih rawan kekeringan seperti di wilayah Kecamatan Pule khususnya di Desa Tanggaran.

“Terimakasih atas sinergitas yang baik dari TNI dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih warga khususnya di Desa Tanggaran, Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek,” ungkap Edy Soepriyanto.
.
Di kesempatan yang sama, Camat Pule, Dwi Ratna Widyawati berharap program ini membawa keberkahan bagi warganya. Terlebih kondisi geografis Desa Tanggaran yang berada di ketinggian seringkali menjadikan desa ini rawan kekeringan saat musim kemarau tiba.
.
Secara terpisah Kades Tanggaran Jemio merasa senang dengan memberikan ucapan terima kasih kepada anggota TNI Kodim 0806/Trenggalek yang telah melaksanakan program TNI Manunggal Air di Desa Tanggaran.

“Mewakili masyarakat Desa Tanggaran, saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bapak KASAD untuk program TNI Manunggal Air dan tentunya sumur bor ini nanti akan bisa bermanfaat karena airnya nanti bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *