Cegah Banjir, Anggota Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Instansi Lain Lakukan Upaya Normalisasi Sungai

Pacitan – Pemerintah Kab. Pacitan tengah berupaya keras dalam mengatasi banjir, salah satunya melakukan pembersihan dan pengerukan sungai dari sampah maupun endapan lumpur penyebab pendangkalan.

Sebagai upaya pencegahan terhadap banjir di wilayah Pacitan, anggota Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan, bersama Instansi terkait, melakukan upaya normalisasi sungai yang berada di Desa Tanjungsari, Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Minggu (30/10/2022).

Kegiatan tersebut melibatkan personil gabungan diantaranya, anggota Polsek Pacitan, Petugas Kecamatan, anggota BPBD, Dinas PU, Tim relawan dan masyarakat, dengan dibantu menggunakan satu unit mobil dan alat penyedot lumpur.

Menurut keterangan Babinsa Desa Tanjungsari Serda Agus Supriyanto, upaya normalisasi sungai dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir terutama di wilayah Kec.Pacitan yang merupakan dataran rendah.

“Kami selalu berkoordinasi dengan instansi lain dalam berbagai upaya pencegahan maupun penanggulangan bencana alam.Untuk saat ini, kami melakukan upaya normalisasi sungai, harapannya dapat mencegah terjadinya banjir saat terjadi hujan”, kata Babinsa.

Kegiatan normalisasi dilakukan berupa pengangkatan lumpur dengan menggunakan alat penyedot pasir.Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mengembalikan kedalaman sungai seperti sedia kala, dengan harapan saat terjadi hujan, sungai dapat menampung debit air dan dapat mengalir lancar.

“Salah satu penyebab sering terjadinya banjir dikarenakan sungai mengalami pendangkalan, akibat tumpukan sampah bercampur tanah.Sehingga apabila terjadi hujan deras, sungai tidak bisa menampung debit air, dan akhirnya meluap kejalan hingga pemukiman warga”, tutur Babinsa.

Melalui kegiatan kerja bakti ini, diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, utamanya tidak membuang sampah sembarangan, demi mencegah terjadinya bencana banjir saat turun hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *