Bekali Generasi Muda Wasbang, Danramil 0801/03 Arjosari : Agar Persatuan Dan Kesatuan Tetap Terjaga

Pacitan – Untuk menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa, Danramil 0801/03 Arjosari Kodim 0801/Pacitan, Letda CKE Misrum memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi MTSN Pondok Tremas, berlangsung di Desa Tremas, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Minggu (02/06/2024).

Dikatakan olehnya, bahwa fenomena kemerosotan semangat rasa kebangsaan dewasa ini, sesungguhnya mengindikasikan belum terealisasinya wawasan kebangsaan secara baik, sistematis dan terprogram.

Sehingga, nilai-nilai wawasan kebangsaan yang diharapkan bisa mengintegrasikan sekaligus mewadahi semua keanekaragaman serta perbedaan bangsa belum bisa teraktualisasi sesuai dengan kultur dan struktur masyarakat Indonesia. 

“Dalam kondisi seperti ini, peran TNI sebagai garda terdepan yang senantiasa selalu melekat dengan masyarakat memiliki kewajiban untuk membangun karakter yang kuat, terutama kepada generasi penerus bangsa”, ujarnya.

Lebih lanjut, jika generasi muda tidak memiliki rasa kecintaan kepada tanah air, maka degradasi pengamalan nilai-nilai Pancasila akan terus merosot. Pada akhirnya akan mengancam keberlangsungan kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Oleh karenanya, peran aktif dari berbagai pihak, termasuk keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintah, sangat penting untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada generasi muda”, jelasnya.

Dengan upaya bersama dari berbagai pihak diharapkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air dapat terus tertanam kuat pada generasi muda, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga sampai kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *