Bati Tuud Koramil 0801/07 Ngadirojo Hadiri Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa

Pacitan – Serma Bibit Bati Tuud Koramil 0801/07 Ngadirojo, Kodim 0801/Pacitan menghadiri kegiatan pelatihan keder kesehatan jiwa yang berlangsung di Gedung Pertemuan Desa Ngadirojo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Senin (23/10/2023).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber ibu Ferlinda dari Dinas Kesehatan Kab. Pacitan, sebagai upaya mengoptimalkan program kesehatan dari Pemerintah Daerah dalam mengatasi permasalahan kesehatan jiwa.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader kesehatan jiwa, juga untuk memantapkan keberadaan kader, sehingga apabila ada orang mengalami gangguan jiwa supaya dilaporkan.

Dalam pengarahannya, narasumber menjelaskan, bahwa gangguan jiwa adalah suatu penyimpangan proses pikir, alam perasaan, dan prilaku seseorang, yang disebabkan oleh gangguan pada fungsi sosial, psikologis, genetik, fisik/kimiawi, atau biologis.

“Salah satu metode yang dapat digunakan dalam merawat orang dengan gangguan jiwa adalah pemberian psikofarmaka dan penanganan secara psikologis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, keluarga, dan masyarakat”, kata Ferlinda saat memberikan pelatihan.

Mengingat hal itu, tim melakukan kegiatan pelatihan kader dan deteksi dini kesehatan jiwa, untuk dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mendeteksi masalah kesehatan jiwa secara dini. 

“Masalah kesehatan jiwa tidak lagi dilihat secara individual, namun membutuhkan penanganan secara sistem. Pelayanan kesehatan jiwa berbasis komunitas merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan akses masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan”, bebernya.

Sementara itu, Bati Tuud Koramil 0801/07 Ngadirojo menyampaikan dukungannya atas kegiatan pelatihan ini, dan berharap peran serta Kader bisa menyelesaikan permasalahan terkait Kesehatan Jiwa.

“Oleh karena itu, dengan dibentuknya Kader Kesehatan Jiwa diharapkan bisa berperan aktif dalam pengawasan dan pendampingan pasien ODGJ di setiap Desa yang mempunyai Pasien ODGJ”, terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *