Bambu Alternatif Pembuatan Mal Papan Cor, Pada Sasaran Fisik Pra TMMD Ke 117 Kodim 0801/Pacitan

Pacitan – Kegiatan rabat jalan di lokasi Pra TMMD ke-117 Kodim 0801/Pacitan terus dikebut pengerjaannya, sehingga hasil yang dicapai sesuai target, dengan dihadapkan alokasi waktu yang telah ditentukan, Minggu (18/06/2023).

Mereka bekerja penuh dengan semangat, saling membantu satu sama lain, seperti halnya dalam pembagian tugas.Beberapa personel ada yang mengangkut batu, pasir, semen, mengaduk material, membuat mal dan lain sebagainya.

Meskipun pengerjaan jalan rabat beton ini jauh dari material yang biasa tersedia di toko bangunan, bukan berarti anggota Kodim 0801/Pacitan dan warga harus menyerah.Banyak cara yang bisa dilakukan, dan sebagai alternatif mereka menggunakan bambu sebagai papan mal.

Salah satu warga Sumardi (43) yang tergabung dalam pengerjaan rabat jalan menilai, bahwa papan mal mengunakan bambu dirasa sangat kuat dan efisien untuk menahan material cor pada rabat jalan.

“Banyak tanaman bambu di sekitar lokasi Pra TMMD, sehingga kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.Bambu kita belah kemudian kita rangkai sebagai pengganti papan dari kayu, dan hasilnya lumayan kuat”, kata warga saat berada di lokasi.

Sementara itu, anggota Kodim 0801/Pacitan Serka Surya berharap dengan hadirnya program Pra TMMD tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Ketroharjo.

“Semua pengerjaan di setiap sasaran harus didasari dengan hati yang ikhlas, sehingga seberat apapun pekerjaan yang kita lakukan akan terasa ringan.Semoga ini menjadi ladang pahala bagi kita semua dan nantinya infrastruktur yang di bangun dapat bermanfaat bagi kepentingan bersama”, bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *