Babinsa Bersama Mahasiswa Univesitas Brawijaya Berkontribusi untuk Masa Depan Gembleb yang Lebih Hijau dan Lestari

Trenggalek – Momen luar biasa yang menggetarkan di Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Sebuah tim yang penuh semangat terdiri dari Babinsa Gembleb, Serma Rohmad dari Koramil 0806/02 Pogalan, dan mahasiswa berani dari Universitas Brawijaya, telah bersatu dalam misi mulia program Mahasiswa Membangun Desa (MMD). Tujuan merekatidak lain adalah untuk menjadikan Desa Gembleb semakin hijau dan mengatasi ancaman erosi yang mengintai.

Di bawah sinar matahari yang cerah, kelompok ini berkumpul dengan antusiasme menyala di wilayah RT. 12 RW. 04 Desa Gembleb. Serma Rohmad, sosok inspiratif sebagai Babinsa Gembleb, dengan hangat menyambut para mahasiswa, berkomitmen untuk menjaga keindahan alam dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat, Jumat (28/7/2023).

Sebelum aksi mulai, Serma Rohmad memberikan penjelasan singkat namun penuh makna tentang pentingnya kegiatan ini. Bagaimana bibit pohon mahoni yang akan ditanam akan memberi manfaat besar, tidak hanya untuk penghijauan dan perlindungan lingkungan, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat.

Dengan semangat gotong-royong yang semakin menggelora, para mahasiswa bersama warga setempat bergerak cepat menanam bibit pohon mahoni di seluruh penjuru Desa Gembleb. Senyuman dan keceriaan melingkupi proses penanaman ini. Mereka menyadari bahwa aksi sederhana ini akan memiliki dampak yang besar bagi kelestarian lingkungan dan masa depan Desa Gembleb yang mereka cintai.

Serma Rohmad, dengan tekad yang menginspirasi, menekankan betapa pentingnya merawat bibit-bibit pohon yang baru ditanam. Ia menyadarkan mereka bahwa dengan perawatan yang baik, pohon-pohon ini akan tumbuh kokoh dan sehat. Setiap anggota tim bertanggung jawab penuh atas bibit pohon yang mereka tanam, dan hasil usaha mereka akan segera menghiasi panorama Desa Gembleb.

Kolaborasi gemilang ini antara TNI, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi melalui Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) bukti nyata bagaimana pendidikan dan aksi nyata bersatu demi lingkungan dan masyarakat. Mahasiswa bukan hanya menjadi penikmat ilmu akademis, tetapi juga aktor yang turut memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

Penanaman bibit pohon mahoni ini hanyalah langkah awal yang akan membuka jalan menuju Desa Gembleb yang semakin hijau, lestari, dan sejahtera. Mari kita semua terinspirasi dan bergandengan tangan, bergabung dalam gerakan kolektif untuk menjaga keindahan alam, menopang masa depan, dan mengatasi permasalahan lingkungan di sekitar kita.

“Mari kita bersama-sama wujudkan impian dan jadikan Desa Gembleb sebagai teladan bagi komunitas lain untuk ikut serta dalam menjaga alam semesta ini agar yang lebih hijau dan lestari untuk Gembleb tercinta,” ajak Serma Rohmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *