Babinsa 05 Tanah Abang Serka Dedy Pantau Kegiatan Bank Sampah Warga Binaan Kampung Bali

Jakarta, Jumat (15/7) Babinsa Kelurahan Kampung Bali Serka Dedy Bersama tiga pilar monitoring kegiatan Bang Sampah yang diadakan di Pos RW 08 Kampung Bali Tanah Abang.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat ini merupakan arahan dan himbauan Eti Kusmiati Lurah Kampung Bali untuk tujuan menjaga kebersihan lingkungan. Warga sesuai arahan yang diberikan dapat berkontribusi memilah milah sampah yang nantinya akan bermanfaat.

Babinsa Serka Dedy menjelaskan, bank sampah menuntun agar warga dapat membantu memilih sampah organik dan non organik.

“Warga agar selalu mengumpulkan barang barang bekas seperti botol air mineral yang sudah tidak terpakai bisa dikumpulkan ditiap tiap rumah lalu dikumpulkan jadi satu di Pos RW 08 untuk di akomodir”, urai Dedy.

Diketahui, bank sampah merupakan program Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang bertujuan mengurangi volume sampah dari kegiatan rumah tangga sehingga dapat didaur ulang dan nantinya akan bernilai ekonomis.

Adapun yang dimaksud bernilai ekonomis adalah warga nantinya dapat menukarkan sampah sampah yang telah ditentukan dan disetorkan dilokasi bank sampah. Selanjutnya, sampah yang disetorkan akan ditimbang, kemudian dicatat dalam buku tabungan bank sampah milik warga. Dalam buku tabungan akan tertera nilai rupiah dari sampah yang ditabung. Nilai rupiah yang dicatat di tabungan nasabah bank sampah disesuaikan dengan jenis sampah yang ditabung. Nilai rupiah ini tentunya dapat ditarik dalam bentuk tunai oleh warga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *