Atlet Binsat Yontankfib 2 Mar Renang Laut di Perairan Koarmada II Surabaya

Surabaya. Dalam rangka Try Out Binsat di jajaran Resimen Kavaleri 2 Marinir, Atlet Binsat Yontankfib 2 Mar tampilkan kompetensi renang laut di perairan sekitar Dermaga Madura E Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada II) TNI AL Ujung, Surabaya. Kamis (01/08/2024).

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir Letkol Mar La Ode Jimmy H.R., M.Tr. Hanla., M.M., didampingi para Perwira Staf Menkav 2 Mar, Dansatlak Menkav 2 Mar dan jajaran Perwira Menkav 2 Mar.

Pada pelaksanaan renang laut, para atlet dituntut untuk mampu menempuh jarak renang sejauh 1000 meter menggunakan pakaian PDL (Pakaian Dinas Lapangan) dengan catatan waktu terbaiknya. Dilengkapi pelampung, para atlet dibentuk dalam 1 Tim melaksanakan renang menyusuri lintasan perlombaan dengan pengawasan panitia dan Tim SAR guna keselamatan para peserta lomba.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla., menyampaikan, “Kemampuan berenang di laut dengan menggunakan PDL merupakan salah satu kemampuan dasar yang dimiliki oleh prajurit Jalasena Korps Marinir TNI AL sebagai pasukan pendarat amfibi. Laksanakan pemanasan yang cukup dan perhatikan kecepatan, arah arus serta suhu air laut untuk menghindari kram perut dan terjadinya hipotermia pada para atlet dengan mengaplikasikan teknik berenang dari para pelatih. Apapun hasil yang diperoleh menjadikan referensi para pelatih untuk bahan evaluasi dan intensifikasi jelang perlombaan Binsat Kormar tahun 2024,” tegasnya.

Lain dari pada itu, “Kemampuan berenang juga merupakan tuntutan kapabilitas kita sebagai prajurit satuan Kavaleri Korps Marinir TNI AL yang mengawaki Kendaaran Tempur Tank Amfibi yang berguna di dalam menghadapi situasi darurat di tengah derasnya gelombang ombak di lautan,” pungkas Komandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *