Atasi Kesulitan Warga, Babinsa 0801/06 Bandar Gotong Royong Bersihkan Tanah Longsor.

Pacitan – Hujan dengan intensitas ringan yang mengguyur di sejumlah wilayah Kab. Pacitan, mengakibatkan terjadi tanah longsor hingga menimpa rumah Bpk Sriyono, yang berada di Dusun Jambu RT. 03 RW. 09 Desa Jeruk Kec. Bandar Kab. Pacitan, Sabtu, (15/10/2022).

Tanah longsor yang menimpa rumah warga tersebut disebabkan, karena rumah terletak di dataran tinggi, serta tekstur tanah mudah terjadi longsor apabila terjadi hujan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun dapur rumah mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa tanah longsor.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, sehingga Babinsa Koramil 0801/06 Bandar Kodim 0801/Pacitan bersama masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menimpa dapur rumah warga dengan alat seadanya.

Dalam keterangannya di lapangan, Serma Triono Babinsa Koramil 0801/06 Bandar mengatakan bahwa, kegiatan gotong royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial, sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah.

Selain itu, sebagai seorang Babinsa senantiasa harus tanggap terhadap situasi di wilayah Binaannya, terutama dalam penanggulangan masalah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan”, ungkap Babinsa.

Mengingat wilayah Kecamatan Bandar merupakan dataran tinggi, sehingga rawan terjadi bencana alam, Babinsa Bandar juga menghimbau kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam.Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana, rencana penyelamatan, dan pastikan jalur evakuasi, guna menghindari korban jiwa”, tutur Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *