Asah Kemampuan, Prajurit Yonmarhanlan VII Laksanakan Lintas Medan dan Latopsrat

Kupang Barat, Dalam rangka Latihan Satuan Lanjutan TW III Tahun 2021, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VII menggelar Latihan Lintas Medan (Limed) yang dikemas dengan Latihan Operasi Darat (Latopsrat) di wilayah Pantai Oesina Kab. Kupang Barat Nusa Tenggara Timur. Selasa.(20/09/2021).

Latihan yang di buka oleh Wadan Lantamal VII Kolonel Marinir Hendra Setiawan yang mewakili Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa CHRMP. pada Hari Senin 20 September kemarin menempuh rute kurang lebih 35 km, dengan titik start serta finis di Mako Lantamal VII, dan kegiatan latihan ini turut melibatkan personil dari Satrol Lantamal VII dan Diskes Lantamal VII.

Adapun latihan LSL TW III Tahun 2021 ini terbagi menjadi beberapa etape dengan materi meliputi Limed, Penyebrangan Sungai, Patroli penyelidikan, Patroli Raid, serangan, Herbouring, pengepungan dan penggeledahan Rumah (Pungdahmah), serta Penghadangan, selain kegiatan latihan prajurit Yonmarhanlan VII yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonmarhanlan VII Letkol Marinir I Made Arthawan SH, menggelar bakti sosial dengan melaksanakan bersih bersih pantai Oesina sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan masyarakat khususnya di wilayah pesisir pantai Oesina. dan etape terakhir prajurit Yonmarhanlan VII melaksanakan Limed dari Pantai Oesina menuju Mako Lantamal VII yang menempuh jarak kurang lebih 17,5 km.

Danyonmarhanlan VII dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan Latihan Satuan Lanjutan TW III ini memiliki maksud untuk mengasah naluri dan kemampuan tempur prajurit dalam mensimulasikan latihan drill drill dan praktek kering di satuan, dengan melaksanakan latihan di medan latihan yang tentunya banyak memiliki faktor geografis, secara tidak langsung akan meningkatkan profesionalisme prajurit dalam membentuk diri sebagai prajurit yang tanggap tangguh dan profesional, dan harapan itu telah dibuktikan hingga selesainya kegiatan ini dengan lancar, aman dan pastinya zero accident.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelatih, pendukung, serta para prajurit yang terlibat dalam kegiatan latihan ini, meski masih kekurangan bukan berarti tidak ada evaluasi dalam kegiatan ini, namun justru dengan evaluasi program latihan kedepan diharapkan menjadi lebih baik sehingga hasil yang didapat menjadi lebih maksimal” tegas Danyonmarhanlan VII saat memimpin pembubaran latihan LSL TW III Tahun 2021 di Lapangan Apel Mako Lantamal VII.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *