Antisipasi Banjir Kodim 0801/Pacitan Gelar Karya Bakti Aksi Bersih-Bersih Sungai

Pacitan – Guna mengantisipasi terjadinya banjir memasuki awal musim penghujan, Kodim 0801/Pacitan kembali menggelar kegiatan karya bakti pembersihan sungai di sepanjang Jl. Suprapto No. 42 Kab. Pacitan, Kamis (07/12/2023).

Aksi bersih-bersih tersebut selain dihadiri Staf Ahli Kab. Pacitan Bpk Pamuji dan Kapolres Pacitan AKBP Wildan Albert S.I.K, juga melibatkan personil dari berbagai pihak diantaranya TNI, Polri, Pemda, BPBD, Dinas PUPR, Dishub, Dinas Lingkungan Hidup, Relawan, Pemdes, Ormas serta masyarakat.

Pembersihan dilakukan selain bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai agar normal kembali, juga membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mitigasi bencana banjir.

Tak hanya itu, sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga kelestarian alam agar tetap hijau dan asri serta mengurangi pemanasan global, juga dilakukan penanaman pohon di lokasi karya bakti dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., menyampaikan, bahwa dihadapkan kondisi geografis Kab. Pacitan memiliki beragam potensi bencana Hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, gempa, maupun tsunami. Disamping itu, ketika musim kemarau juga kerap dilanda kekeringan.

“Oleh karena itu kesiapsiagaan masyarakat sangat diperlukan, terutama terkait upaya pengurangan risiko akibat bencana alam. Momen ini juga untuk menggugah masyarakat untuk menjaga alam agar tetap lestari”, ujarnya saat dikonfirmasi awak media.

Dirinya menilai, upaya ini merupakan langkah antisipatif untuk berkontribusi secara nyata serta wujud keseriusan TNI bersama semua pihak dalam menjaga lingkungan dari kerusakan baik yang ditimbulkan oleh alam maupun manusia itu sendiri.

“Mudah-mudahan upaya ini dapat membuka wawasan akan pentingnya kebersihan lingkungan dan menjaga sumber daya air. Disamping itu, membuka prospek dengan memanfaatkan sungai demi meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian dan lain sebagainya “, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *