Dankormar Hadiri Gelar Integrasi Uji Fungsi Mobile Field Hospital

Jakarta. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Dr. Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. menghadiri Gelar Integrasi Uji Fungsi Mobile Field Hospital yang dihadiri Asisten Logistik Kasal (Aslog Kasal) Laksda TNI Eko Sunarjanto, bertempat di Lapangan Trisula Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2024).

Mobile Field Hospital merupakan modul Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) yang dilengkapi dengan alat medis canggih, sarana dan prasarana mandiri seperti Ruang Perawatan, Ruang Isolasi, Ruang Operasi, Ruang Radiologi yang seluruhnya terintegrasi dengan system Komputerisasi, berpendingin AC dan lain-lain.

Adapun tujuan dari Uji Fungsi Terintegrasi adalah untuk memastikan apakah alat-alat kesehatan, sarana dan prasarana pendukung dalam Mobile Field Hospital ini dapat berfungsi dengan baik serta sistem di dalamnya apakah sudah terintegrasi di seluruh ruangan rumah sakit lapangan. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan demonstrasi penanganan untuk pasien dalam keadaan darurat mulai dari tiba dengan ambulans sampai dengan memasuki ruangan-ruangan sesuai dengan tempat penanganan pasien.

Rumkitlap serta beberapa sarana dan prasarana ini nantinya bersifat mobile sehingga mudah digelar dan digerakkan dalam waktu yang relatif cepat untuk membantu penanganan pasien di daerah bencana atau dalam kondisi darurat. Material ini nantinya akan memperkuat Batalyon Kesehatan 3 Marinir (Yonkes 3 Mar) yang berada dibawah jajaran Pasmar 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *